Katakan ‘Ya!’

Kata ‘Ya’ dapat membuka kesempatan lain yang lebih besar yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda menambahkan lalu, ‘Ya, lalu….’ Hal tersebut menyatakan bahwa Anda menyetujui apa yang orang lain ungkapkan dan menambahkan pendapat Anda sendiri. Sedangkan ketika Anda berkata ‘Tidak’ kata ini akan menutup segala kesempatan ataupun kemungkinan yang ada di hadapan Anda.

Terkadang Anda mengucapkan kata ‘Tidak’ pada kesempatan yang ada di hadapan Anda. Padahal jika Anda berkata ‘Ya’ Anda bisa mendapatkan banyak pelajaran, banyak pengalaman dan banyak hal lainnya. Namun Anda tidak memiliki keberanian untuk mengatakan ‘Ya.’ Padahal banyak kesempatan besar yang bisa Anda dapatkan saat berkata ‘Ya.’

1. Membuka Kesempatan

Ketika Anda mengatakan ‘Tidak’ pada promosi, kesempatan itu mungkin tidak adakan datang lagi. Cathy Engelbert, selaku CEO wanita pertama di Deloitte, mengatakan bahwa saran terbaik yang pernah dia dpatkan adalah berkata ‘Ya’ pada setiap tantangan baru, karena pengalaman dapat membentuk pemimpin yang hebat.

Baca juga: Katakan Selamat tinggal pada to-do list

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika Anda diberikan tawaran pekerjaan yang, mungkin, lebih Anda inginkan dari saat ini, Anda malah menahan diri, memikirkannya terus-terusan namun pada akhirnya berkata ‘Tidak.’ Seandainya Anda langsung berkata ‘Ya’ saat kesempatan itu datang, Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk menghadapi hal yang tidak Anda sukai. Langsung berkata ‘Ya’ pun dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Anda meyakini bahwa Anda dapat lebih berkembang di tempat yang baru dibandingkan pada saat ini.

3. Membuka Hati

Ketika ada seseorang yang menyatakan perasaannnya pada Anda, Anda justru malah menolaknya tanpa memberinya kesempatan terlebih dahulu. Padahal Anda sendiri belum mengetahuinya. Padahal siapa tahu, dia adalah jodoh Anda.

4. Meningkatkan Kemampuan

Dengan berkata ‘Ya’ pada suatu tantangan yang baru bagi diri Anda, tanpa Anda sadari Anda pun akan mempelajari bakat baru. Anda akan mendapatkan ilmu baru yang belum tentu bisa Anda dapat. Siapa tahu ternyata memang passion Anda di bidang tersebut.

5. Meningkatkan Kebahagiaan

Resiko yang Anda ambil akan sebanding dengan penghargaan yang akan Anda terima nantinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman lebih bahagia daripada mereka yang pengalamnnya sedikit. Mencoba hal baru dan mengembangkan pengalaman dapat mengarahkan Anda pada hidup yang lebih baik.

Baca juga: Jangan ragu katakan tidak pada rekan kerja