Kapan Waktu yang Tepat untuk Berterima Kasih?

Sadar atau tidak, terkadang kita lupa untuk mengucapkan ‘terima kasih’ kepada seseorang yang berjasa pada kita. Apalagi ketika disibukkan oleh berbagai macam aktifitas, laporan ini itu dan deadline, ucapan terima kasih yang seharusnya Anda berikan pada karyawan Anda menjadi terlupakan. Padahal jika mereka tidak menyelesaikan tugas mereka tepat waktu, Anda pun akan kesulitan untuk melaporkan laporan yang seharusnya diberikan pada atasan Anda.

Terkadang kita lupa untuk mengucapkan terima kasih karena terlalu sibuk berperan sebagai seseorang yang professional, yang tidak ingin terlihat terlalu emosional. Terlalu sibuk mengerjakan hal lain juga membuat kita lupa untuk mengucapkan terima kasih. Namun hal yang cukup parah adalah ketika Anda tidak membiasakan diri Anda untuk mengucapkan terima kasih pada orang yang memudahkan hidup Anda. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang pemimpin.

Jika Anda adalah seorang pemimpin dan Anda tidak bisa mengucapkan terima kasih dengan baik, maka Anda melewatkan kesempatan yang sangat penting. Menunjukkan bahwa Anda mengapresiasi kerja karyawan Anda akan meningkatkan perilaku baik yang ditampilkan oleh para pekerja Anda dan membuat mereka merasa dihargai oleh Anda.

Baca juga: Terima kasih tak bisa gantikan uang

Jika Anda mulai bertanya-tanya kapan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih, poin di bawah ini mungkin dapat memberikan Anda jawabannya:

– Ucapkan terima kasih pada anggota tim Anda yang melakukan hal hebat dalam tim Anda

– Ucapkan terima kasih pada anggota tim Anda yang membantu Anda

– Ucapkan terima kasih ketika apa yang Anda dan tim Anda lakukan memberikan dampak pada perusahaan

– Memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh anggota tim Anda

Jadi, sudah tahu kapan saatnya mengucapkan terima kasih? Hal yang penting perlu Anda ketahui yakni sebaik-baiknya ucapan terima kasih adalah ucapan yang disampaikan dengan ikhlas tanpa mengharapkan apapun.

Baca juga: Kapan saatnya meminta feedback?