Jangan Pernah Meminta “Nasihat Baik” jika Tidak Ingin Mimpi Anda Pupus (Bagian-2)

head-674132_640

Di artikel sebelumnya Anda diminta untuk menjawab 2 (dua) pertanyaan jika Anda ingin tahu apakah ide Anda baik atau tidak. Dua pertanyaa pada diri sendiri itu mengenai dua hal; pertama, apakah ide ini pernah berhasil sebelumnya? Dan kedua, apakah saya memiliki kualifikasi yang cukup untuk mewujudkan ide ini?

head-674132_640

Waktunya Mengeksekusi

Jika Anda memiliki ide yang sangat bagus, satu-satunya hal yang Anda perlu lakukan adalah mengeksekusi ide tersebut. Mencoba adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah ide kita bisa direalisasikan atau tidak. Hal yang sering terjadi, nasihat dari orang-orang terdekat atau keluarga biasanya justru berkebalikan dari hal tersebut.

Mereka begitu menyayangi Anda dan tidak ingin melihat Anda gagal. Oleh karena itu, mereka akan meminta Anda untuk berhati-hati. Pikirkan kembali ide Anda dan apakah Anda benar-benar ingin mewujudkannya. Jika Anda begitu ingin, cobalah memulainya dan jangan menetapkan ekspektasi apapun.

Jangan Hiraukan “Nasihat Baik” apapun risikonya

Saat Anda mencari masukan tentang ide yang menurut Anda sangat hebat, jangan terlalu tergantung kepada pendapat orang lain. Justru sebaliknya, mulailah mendengarkan kata hati sendiri. Anda adalah orang yang paling tahu tentang diri Anda, jadi mengapa tidak memulai minta nasihat pada diri sendiri?

Ketika Anda mulai berpikir untuk meminta pendapat orang lain, ambillah pulpen dan tulislah pertanyaan-pertanyaan yang akan Anda tanyakan. Setelah itu, jawablah sendiri pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikan nasihat terbaik bagi diri Anda sendiri, termasuk strategi yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan ide tersebut.

Baca juga: 14 Nasihat Terbaik dari Ayah Para Tokoh Sukses (Bagian-2)

Ingatlah bahwa Anda sedang berusaha mengerjakan yang terbaik yang bisa Anda kerjakan, bukan apakah Anda harus atau tidak harus melakukannya. Pikirkan secara mendalam dengan hati Anda dan biarkan suara hati Anda berbicara.

Satu bagian dari otak Anda mungkin akan melarang Anda dan memberi peringatan akan bahaya yang akan timbul yang hanya akan menimbulkan persepsi negatif Anda. Intuisi bukan berasal dari bagian otak tersebut, melainkan lebih dalam dari itu. Teruslah menggali hingga Anda bisa mengeluarkan keputusan tanpa ragu-ragu.

Ceritakan Rencana Hebat Anda

Tidak meminta nasihat kepada orang lain bukan berarti kita merahasiakan rencana atau ide besar kita. Biarkan orang lain tahu, tetapi jangan meminta mereka untuk mengatakan “ya” atau “tidak”.

Hal ini penting karena apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada kita terkait dengan rencana tersebut, mereka akan memberikan kita dukungan. Kita juga perlu bercerita kepada orang lain apabila memang rencana kita tersebut berdampak kepada mereka.

Jangan Memberikan Orang Lain “Nasihat Baik”

Kita tidak perlu meminta nasihat kepada orang lain tentang apakah kita harus atau tidak mengeksekusi ide kita. Sebaliknya, jika siapapun bertanya kepada Anda tentang ide mereka, tidak perlu kita menghakimi ide mereka dengan memberikan “nasihat baik”. Daripada demikian, cukup sampaikan saja pandangan Anda tentang rencana tersebut, tetapi tetap ingatkan mereka bahwa Anda bukanlah orang yang berkuasa atas kemampuan mereka mewujudkan suatu hal. (*)