Jangan Gunakan 5 Kata ini Ketika Menjawab Pertanyaan Interview

Setiap proses interview kerja pasti memiliki beberapa pertanyaan yang wajib untuk ditanyakan kepada setiap pelamar. Salah satu pertanyaan yang cukup terkenal adalah, “Bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda?” atau “Sebutkan tiga hal yang dapat menggmbarkan diri Anda.”

Terkadang Anda tidak menyadari bahwa Anda sebenarnya mempergunakan kata yang sama terus-menerus. Namun perlu Anda ingat bahwa hal inilah yang akan dilihat oleh rekruter. Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut? Ternyata ada beberapa kata yang harus dihindari dalam menjawab pertanyaan tersebut. Apa sajakah kata-kata tersebut? The Muse memberikan tipsnya untuk Anda.

1. Cerdas

Anda tahu bahwa Anda cerdas, dan Anda juga tahu bahwa rekruter mencari orang yang juga cerdas. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda menghindari kata tersebut. Ini merupakan salah satu kata yang Anda inginkan ketika orang lain menilai Anda, bukan ketika Anda menilai diri Anda sendiri. Anda bisa memilih kata seperti “logis,” “berpengetahuan luas,” ataupun “mampu belajar dengan cepat.” Kata-kata seperti itu lebih terdengar sebagai fakta dan tidak seperti penilaian.

Baca juga: 3 Pertanyaan Wawancara untuk Menjaring si Inovatif

2. Mudah Disukai Orang Lain

Ini juga salah satu kalimat yang cukup menjebak. Anda mengatakan bahwa diri Anda mudah disukai oleh orang lain, lalu bagaimana jika rekruter ternyata tidak menyukai Anda? Solusinya adalah Anda bisa menggantinya dengan, “team player,” “ramah,” “sangat antusias,” atapun “peduli dengan orang lain.” Lalu ikuti dengan bukti konkritnya. Misalnya bahwa Anda sering melontarkan ide saat meeting, atau memberikan surprise pada rekan kantor Anda yang berulang tahun.

3. Sukses

Mungkin Anda memang sukses meraih suatu hal, namun Anda tidak bisa mengatakan bahwa diri Anda sendiri telah sukses. Ini sama saja menyatakan bahwa Anda kaya dan berpenampilan menarik. Apakah itu merupakan ide yang bagus? Dibandingkan menyatakan bahwa Anda sukses, Anda bisa menyebutkan hal yang lebih spesifik. Misalnya katakanlah hal yang sangat Anda bisa lakukan. Hal ini secara tidak langsung memberikan bukti konkrit hal apa yang sangat Anda bisa lakukan.

4. Obsesif

Sesuka-sukanya Anda bekerja, kata ini harus Anda hindari. Obsesif lebih dikenal sebagai kata yang berkonotasi negatif. Alternatifnya Anda bisa mengatakan bahwa Anda, “fokus dalam mencapai tujuan,” “detail-oriented,” “pekerja keras,” ataupun “sangat berdedikasi tinggi.”

5. Rendah Hati

Ini bisa dibilang bahwa Anda terlalu percaya diri. Rendah hati juga memiliki penilaian yang cukup bias. Tidak ada ukuran rendah hati. Biasanya rendah hati juga penilaian yang diberikan oleh orang lain untuk diri Anda. Alangkah lebih baik jika Anda lebih menyatakan hal yang sifatnya fakta. Ceritakan apa yang pernah Anda lakukan, bagaimana hasilnya dan bagaimana penilaian orang lain. lalu biarkan rekruter menilai Anda.

Baca juga: 4 Pertanyaan Wawancara untuk Temukan Karyawan Hebat

Tags: ,