Jadilah Karyawan Luar Biasa

Memasuki dunia kerja, seharusnya kita siap untuk menghadapi persaingan dengan para talent lain. Ketika bekerja di sebuah perusahaan misalnya, kita berada di antara puluhan karyawan lain yang sama-sama bekerja untuk kesuksesan perusahaan. Padahal need of achievement itu pada dasarnya adalah kebutuhan semua orang. Lalu bagaimana agar kita bisa menjadi “egois” dalam arti positif, sukses untuk diri sendiri dan menonjol di antara talent-talent lain?

Berikut adalah 6 tips dari Jeff Haden di blog Linkedin, yang dapat dilakukan oleh karyawan untuk bertransformasi, dari yang “biasa” menjadi “luar biasa”:

1. Datang pertama di kantor dengan “tujuan”

Beberapa orang datang lebih awal, tetapi tidak memiliki tujuan yang krusial. Mereka lebih tertarik membuka-buka email, menata meja, atau melakukan hal-hal yang bersifat personal lainnya. Daripada demikian, lebih baik kita menyelesaikan urusan kantor yang belum terpecahkan di hari sebelumnya atau mencari penyelesaian masalah perusahaan yang terabaikan.

2. Memahami segala sesuatunya lebih spesifik

Memiliki kinerja sesuai standard yang ditetapkan perusahaan memang baik, Tetapi hal tersebut tidak akan membuat kita menonjol di antara yang lain. Yang kita perlu lakukan adalah berperforma lebih dari standard yang ditetapkan.

Dalam bidang-bidang tertentu, kita perlu memahami sesuatunya lebih spesifik. Bukan mengerti segalanya tetapi dangkal, melainkan memiliki pengetahuan mendalam tentang suatu hal.

3. Memiliki side project sendiri di tempat kerja

Di samping kita mengikuti program-program atau project yang sudah dicanangkan perusahaan, penting bagi kita untuk menjadi kreatif dan berinovasi membuat program atau strategi yang berdampak positif pada perusahaan.

Seorang manajer bisa berkarya dengan menciptakan program baru yang dapat meningkatkan efisiensi kerja bawahan, atau seorang karyawan IT bisa mengupayakan sistem software yang bermanfaat bagi perusahaan. Dengan cara tersebut, baik kita gagal atau berhasil, orang akan melihat kita lebih dari yang lain.

4. Lakukan apa yang Anda katakan

Banyak orang yang frontal ketika berbicara, tetapi minim aksi. Jika ingin menjadi outsanding, bicara saja tidak cukup. Ketika kita mendapati sebuah system yang tidak beres, akan lebih baik jika kita membantu memperbaikinya daripada sekedar koar-koar untuk memberi tahu yang lain. Semua orang berbicara mengenai masalah yang terjadi, mereka yang menonjol adalah yang mau turun tangan memperbaiki.

5. Menunjukkan personal interest

Jika kita memiliki personal interest atau ketertarikan di bidang tertentu, tidak salah jika kita memperlihatkannya kepada orang lain. Orang akan lebih mudah mengingat kita dari hal-hal yang kita sukai. Jadi, biarkan orang mengerti sedikit tentang kehidupan personal kita, lalu kita padukan citra personal dengan citra professional kita.

6. Bekerja lebih keras dari yang lain

Salah satu hal yang membuat orang memperhitungkan kita adalah karena kita mau bekerja lebih keras daripada orang lain.

zp8497586rq
Tags: