Inilah yang Anda Cari Ketika Meng-hire Orang

Para pimpinan perusahaan selalu melihat kualitas-kualitas dalam diri calon karyawan yang akan mereka <I>hire</I>. Hal itu tercermin pada saat mereka mewawancarai kandidat.
Apa <I>sih</I> sebenarnya yang perlu dilihat dan dicari ketika melakukan wawancara dengan calon-calon karyawan?
Tips berikut mencoba memberikan ide-ide tentang hal-hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika Anda meng-<I>hire</I> orang untuk posisi apapun:
1. <B>Work ethic</B>
Kerja keras sering bisa mengatasi masalah minimnya pengalaman seseorang. Oleh karenanya, Anda perlu meng-<i>hire</i> orang yang, ibaratnya, "bersedia melakukan apapun demi pekerjaan".
Tak ada ilmu khusus yang bisa mendongkrak kurangnya inisiatif atau etika kerja pada seseorang. Pertanyaan yang hati-hati akan memberi Anda gambaran, apakah orang yang sedang Anda wawancarai memiliki <i>work ethic</i> –atau, setidaknya apa yang Anda percaya akan menjadi <i>work ethic</i> mereka.
2. <B>Attitude</B>
Sesuatu yang dianggap sebagai sikap yang baik, berbeda dalam pandangan tiap-tiap individu. Tapi, unsur-unsur seperti positif, ramah, ringan tangan alias suka membantu akan membuat kehidupan di tempat kerja jauh lebih menyenangkan dan mempermudah kerja setiap orang.
3. <B>Experience</B>
Sesi wawancara dalam proses <I>hiring</I> memberi Anda kesempatan untuk bertanya secara lebih mendalam, yang memungkinkan kandidat menunjukkan kepada Anda bahwa mereka memiliki pengalaman atas suatu pekerjaan.
4. <B>Smarts</B>
Orang-orang yang <I>smart</I> mampu menemukan solusi-solusi lebih baik dan lebih cepat atas masalah-masalah yang menghadang mereka. Dalam dunia bisnis, bekerja secara <i>smart</I> lebih penting ketimbang buku-buku yang <I>smart</I>.
5. <B>Responsibility</B>
Anda harus meng-<I>hire</I>orang yang bersedia mengambil tanggung jawab-tanggung jawab atas posisi mereka. Tanyakan tentang proyek-proyek apa saja yang pernah menjadi tanggung jawabnya, dan peran dia di dalamnya, untuk mengetahui kulitas penting yang satu ini ada atau tidak dalam diri kandidat.
Di luar lima hal tersebut, hal-hal "kecil" seperti datang tepat waktu saat wawancara dan keserasian penampilan, juga merupakan indikator yang menggambarkan kepekaan tanggung jawab sang kandidat.
Meng-<I>hire</I> orang yang tepat adalah tugas terpenting para manajer. Sayangnya, mereka sering tak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan proses wawancara. Padahal, hasil-hasil yang Anda dapat dari proses <i>hiring</i> tergantung pada waktu yang Anda sediakan untuk itu.
Jika Anda menyediakan diri untuk menemukan kandidat yang tepat untuk sebuah posisi, Anda lebih berpeluang menemukan yang Anda cari. Jika Anda hanya menggantungkan diri pada kesempatan (akan datangnya karyawan baru), bersiap-siaplah untuk kecewa dengan apa –atau siapa– yang Anda temukan.