Inilah 16 Tips yang Bisa Membuat Pagi Anda Jadi Lebih Dinamis

kopi-pagi

Bagaimana Anda memulai pagi Anda? Bangun tidur, mengecek gadget sebentar, mandi, sarapan lalu berangkat ke kantor. Setiap hari siklus tersebut terulang selama 5 kali (atau mungkin lebih!) dalam seminggu.

kopi-pagi

Meskipun begitu ternyata masih banyak cara untuk Anda memulai hari. The Muse memberikan 16 cara untuk memulai hari agar pagi Anda lebih dinamis. Simak pemaparannya berikut ini.

  1. Two-Minute Exercise

Meditasi selama dua menit setiap paginya dapat membuat Anda lebih berenergi, lebih percaya diri dan lebih tenang dalam menjalani hari. Melatih pernafasan Anda selama dua menit setiap paginya tidak akan membuat Anda terlambat ke kantor. Percayalah!

   2. Seven-Minute Routine

Jika Anda sedang terburu-buru, setidaknya sisihkan tujuh menit waktu Anda di pagi hari. Pergunakan tujuh menit tersebut untuk merencanakan hari Anda, menuliskannya, menyusun rencana dan meninjau kembali rencana tersbut.

   3. 15-Minute Routine

Meskipun terdengar sangat membuang waktu, namun tips dari John Gannon, salah satu kontributor The Muse, bisa Anda coba. Pertama-tama tuliskan hal-hal yang Anda syukuri. Misalnya Anda bersyukur bisa terbangun di pagi hari. Setelah itu tuliskan apa yang Anda dalam pikiran Anda secara bebas. Setelah Anda menuliskan hal-hal yang mengganjal dalam pikiran, tuliskanlah 10 ide yang ada dalam pikiran Anda.

   4. Mandi

Mandi di pagi hari ‘mengagetkan’ tubuh Anda dan membuat tubuh Anda menjadi ‘terbangun.’

   5. Membeli Cangkir Kopi yang Lucu

Anda akan terkejut dengan efek yang diberikan oleh cangkir kopi Anda. Jika cangkir kopi saja sudah dapat membuat Anda tersenyum, tertawa atau bahkan menghibur Anda ketika Anda ngopi, bagaimana dengan kafein yang Anda konsumsi? Tentu saja akan membuat Anda lebih terjaga.

   6. Mempergunakan Alarm yang Unik

Kemudahan menekan tombol snooze membuat Anda sulit untuk terbangun. Namun bagaimana jika Anda harus menyelesaikan permainan terlebih dahulu baru alarm Anda bisa mati? Tentu akan lebih menantang bukan? Beberapa aplikasi seperti Wake N Shake App (Anda hanya dapat mematikan alarm dengan menggoncangkan gadget Anda), I Can’t Wake Up (alarm akan mati jika Anda berhasil menyelesaikan soal matematika) hingga Target Clock (jam dengan alarm yang dapat dimatikan jika Anda mampu menembak dengan tepat di tengah target) dapat membuat Anda bangun dengan cara yang tidak biasa.

   7. Mendengarkan Musik

Tidak ada hal yang lebih baik untuk membuat Anda terbangun selain dengan mendengarkan musik. Pasang playlist favorit Anda setiap pagi untuk membuat Anda lebih bersemangat.

   8. Bertahan di Kasur Lebih Lama

Bagian tersulit dari bangun tidur adalah bangkit dari kasur. Jika Anda kesulitan untuk bangkit dari kasur, tidak ada salahnya jika Anda mulai bekerja di atas kasur. Bahkan Winston Churchill sekalipun menghabiskan waktu tiga sampai empat jam setiap harinya bekerja dari kasur, membaca surat bahkan memberikan perintah pada sekretarisnya.

   9. Membuat Sesuatu

Menyusun resep sederhana untuk membuat sarapan ternyata dapat ‘membantu’ otak Anda untuk terbangun pula.

   10. Menyusun Jadwal

Susunlah jadwal apa yang akan Anda lakukan mulai dari saat bangun tidur hingga Anda tidur lagi. Estimasikan waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikannya. Lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan jadwal tersebut dan bisa membagi waktu dengan baik.

   11. Mencuci Piring

Mencuci piring di pagi hari mungkin jadi kegiatan yang paling Anda hindari. Namun ternyata mencuci piring dapat menenangkan pikiran, menurunkan kecemasan, ditambah lagi Anda tidak perlu stress melihat cucian piring menumpuk sepulang kerja.

   12. Mengecek Berita

Perlu diingat, hanya mengecek berita. Jangan sampai Anda terlena saat membaca berita dan malah terlambat ke kantor. Mengecek berita di pagi hari membuat pikiran Anda terstimulasi untuk berpikir.

   13. Berolahraga Selama 10 Menit

Melakukan latihan yoga atau pilates untuk pemula selama 10 menit cukup untuk membuat Anda terjaga. Berjalan di sekitar rumah atau bahkan push ups dapat membuat Anda lebih segar saat ke kantor.

   14. Memajukan Jam Anda 5 Menit

Ini merupakan tips paling klise yang bisa Anda coba. Namun tidak ada salahnya memajukan jam Anda selama lima atau 10 menit.

   15. Mendengarkan Musik Ambiance

Menghadirkan suasana coffee shop ataupun saat hari hujan memang tidaklah mudah. Namun aplikasi seperti Noizio atau A Soft Murmur bisa membantu Anda menghadirkan suasana tersebut.

   16. Membuka Tirai Kamar Anda

Cahaya matahari adalah alarm terbaik bagi tubuh manusia. Cahaya matahari membuat otak terjaga secara alami tanpa alarm. Jika Anda tidak ingin terganggu dengan suara alarm, cobalah untuk tidak menutup tirai jendela Anda. (*)