Ini 5 Tips Menjadi Morning People

happiness-826932_640

Menjadi morning people ternyata memiliki banyak kelebihan. Selain lebih banyaknya waktu luang di pagi hari dan tidak terburu-buru dalam memulai hari, menjadi morning people ternyata juga baik bagi kesehatan Anda.

happiness-826932_640

(Sumber image: pixabaycom)

Bagaimana caranya menjadi morning people? Lifestyle Yahoo memberikan tipsnya bagi Anda. Simak pemaparannya berikut ini.

1) Hindari tombol snooze

Morning people biasanya menggunakan body clock untuk membuat mereka terbangun pada pagi hari. Perlu Anda ketahui bahwa alarm sebenarnya dapat mengganggu siklus tidur Anda. Terutama pada tahap REM (rapid eye movement), di mana tahap REM merupakan tahap restorative dan merupakan tahap terpenting dalam tidur.

Selain itu alarm juga dapat mengarahkan pada kepeningan setelah bangun tidur. Hal ini akan semakin parah jika Anda menekan tombol snooze. Tombol snooze hanya akan mengganggu siklus tidur Anda. Alangkah lebih baiknya jika Anda membiarkan tubuh Anda bangun dengan sendirinya.

Baca juga: 4 Tips untuk Memulai Pagi

2) Konsumsi makanan yang sehat

Sepiring nasi goreng dengan telur mata sapi cukup untuk mengisi energi Anda sampai siang hari. Cassie Mendoza Jones, seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa melewatkan sarapan dan tidak mengkonsumsi cukup protein saat sarapan dan makan siang adalah kesalahan yang besar.

“Tidak mengkonsumsi protein dapat membuat Anda kelaparan dan ingin makan lebih banyak. Energi dan gula darah Anda pun akan menurun,” jelas Jones. Mengkonsumsi blueberries dan oats selain dapat menurunkan kolesterol, juga dapat meningkatkan energi dan mood Anda seharian.

3) Olah raga pada pagi hari

Bangun lebih pagi membuat Anda memiliki lebih banyak waktu, salah satunya untuk berolahraga. Sempatkanlah waktu antara 15-20 menit untuk berolahraga. “Olahraga pada pagi hari dapat meningkatkan metabolisme dan membuat metabolisme tubuh tetap tinggi sehingga Anda dapat membakar kalori lebih banyak pada siang harinya,” ungkap Tanya Weeks.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Pagi Hari Kita Lebih Produktif

4) Buatlah tubuh Anda terpapar sinar matahari

Sinar matahari mengandung vitamin D yang baik bagi tubuh Anda. Sinar matahari juga secara alami dapat meningkatkan jam biologis tubuh Anda. Jadi jika Anda merasa mengantuk pada pagi hari, segeralah keluar mencari sinar matahari agar Anda kembali segar.

5) Berbagi dengan orang lain

Ceritakanlah pengalaman Anda mencoba menjadi morning people pada rekan-rekan Anda. Hal ini akan membuat Anda berkomitmen untuk tetap menjadi morning people. Selain itu Anda juga dapat membuat orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Bagilah pengalaman Anda dan rekan seputar menjadi morning people. Anda bisa menceritakan apa saja yang Anda raih dengan bangun lebih pagi setiap harinya. Memulai hari dengan bersyukur dapat membuat pikiran Anda menjadi positif selama seharian. (*)

Tags: , , , ,