Ingin Dihormati Orang Lain? Lakukan 5 Tips Berikut Ini

offer-442904_640

Setiap orang pasti ingin dihormati orang lain. Jika Anda ingin dihormati oleh orang lain maka alangkah baiknya jika Anda menunjukkannya melalui tindakan dibandingkan dengan kata-kata. Ada beberapa orang yang secara natural mudah untuk dihormati orang lain, namun di sisi lain ada orang yang harus bekerja keras agar dapat dihormati orang lain. Hal ini bisa terjadi bergantung pada orang-orang di sekitar Anda tinggal ataupun bekerja.

offer-442904_640

Jika Anda merasa kurang dihormati oleh orang lain, maka tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Caranya adalah dengan jujur kepada diri Anda sendiri dan memperhatikan bagaimana Anda memperlakukan orang-orang di sekitar Anda. Kevin Daum, Inc. 500 entrepreneur and best-selling author, berbaik hati membagikan tips darinya dan rekan-rekannya di Inc agar dihormati oleh orang lain. Simak pemaparannya berikut ini.

1. Buang jauh-jauh rasa narsis

“Salah satu penghalang utama dihormati oleh orang lain adalah rasa narsis. Jika kesan pertama yang didapatkan orang lain tentang Anda adalah narsis, maka Anda akan sulit untuk dihormati. Mulailah menyadari kehadiran orang-orang di sekitar Anda. Jadilah observer yang baik. Tunjukkan bahwa Anda tertarik dengan orang lain dan memiliki rasa empati. Sehingga tidak melulu segalanya harus terpusat pada Anda.” (Kevin Daum)

2. Mulai menghormati diri sendiri

“Jauhkan harapan bahwa semua orang akan menghormati Anda. Beberapa mungkin akan menghormati Anda, namun beberapa tidak. Ini bukanlah hal yang bisa Anda atur. Fokuslah dalam menghormati diri Anda terlebih dahulu. Tunjukkan apa yang terbaik dari diri Anda, lakukan yang terbaik. Jika Anda mampu melakukannya maka mendapatkan rasa hormat akan datang dengan sendirinya.” (Jeff Haden)

3. Tunjukkan bahwa Anda pantas untuk dihormati

“Untuk dihormati orang lain, Anda harus terlihat cukup pantas untuk dihormati. Jadilah orang yang baik. Lihatlah hal baik dari orang lain, jujur dan pedulilah pada orang lain. Tunjukkan bahwa Anda bersyukur memiliki orang-orang di sekitar Anda. Hormati orang lain dan mereka pun akan menghormati Anda.” (Peter Economy)

4. Mulai dari diri sendiri

“Untuk dihormati oleh orang lain, Anda harus memulai dengan menghormati dan meyakini diri Anda sendiri. Seseorang yang kurang percaya diri akan sangat mudah dirasakan oleh orang lain, apalagi bagi mereka yang Anda inginkan untuk menghormati Anda. Raih tujuan Anda, bantu dan hargai orang-orang di sekitar Anda. Jangan lupa untuk menikmati prosesnya. Anda pun akan menjadi magnet untuk dihormati.” (Marla Tabaka)

5. Memahami apa itu rasa hormat

“Dalam membangun rasa hormat dibutuhkan waktu dan bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain. Seseorang yang patut dihormati, berdasarkan pengalaman pribadi, adalah seseorang yang tenang, pemikir dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketiga hal ini merefleksikan keinginan seseorang untuk dihargai dan mendengarkan orang lain. Ketika pemimpin yang memiliki ketiga hal ini membuat keputusan, meskipun terdengar tidak masuk akal, maka timnya akan menerima karena mereka menghormati pemimpin mereka.” (Eric Holtzclaw) (*)