Infografik: Posting engga ya..?

15986

Para rekruter masa kini kerap kali mengecek social media calon kandidat. Sebanyak 79% rekruter akan mencari social media kandidat mereka sebelum mengambil keputusan. Anda tidak tahu seberapa jauh mereka akan mengecek social media Anda.

Karena itu postingan Anda beberapa tahun lalu pun, apabila ada yang menurut mereka tidak pantas, akan dapat membuat Anda tereliminasi. Hal ini dikarenakan 70% rekruter akan menolak kandidatnya berdasarkan apa yang mereka lihat dari social media kandidat.

Mulai sekarang Anda perlu berhati-hati saat posting hal apapun via online. Selain menghindari para rekruter yang ‘kepo’ hal ini juga menjaga Anda agar konten yang milik Anda pribadi tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Ketika Anda ingin posting sesuatu di social media, Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri, sebaiknya saya posting engga ya hal ini? Entah itu status ataupun foto. Ketika Anda ingin posting status, perhatikan apa yang ingin Anda bagi.

Baca juga: Ingin sukses di soc med, hindari posting hal-hal berikut

Apakah status tersebut berisi hal yang penting ataukah tidak? Apakah status tersebut akan menyakiti pihak lain ataukah tidak?

Jika jawabannya ya, maka alangkah lebih baiknya jika Anda tidak melakukannya. Jika jawabannya tidak, maka Anda perlu mempertanyakan pertanyaan berikutnya.

Apakah hal tersebut akan memicu orang lain untuk bertanya ‘Kenapa?’

Jika ya, maka lebih baik tidak. Jika tidak, maka Anda perlu mempertanyakan pertanyaan berikutnya.

Apakah hal tersebut membahas mengenai relasi Anda dengan lawan jenis atau rekan kerja Anda? Atau komplain Anda atas pelayanan restoran yang kurang maksimal?

Jika ya, maka lebih baik jangan. Jika tidak, Anda perlu mempertanyakan pertanyaan berikutnya.

Apakah yang ingin Anda post berisi kata-kata ‘bosan,’ ‘lapar,’ atau ‘lelah?’

Jika ya, maka lebih baik jangan. Namun jika tidak, Anda juga masih perlu bertanya lagI.

Apakah hal tersebut akan menyakiti hati orang lain?

Jika ya, maka lebih baik jangan. Jika tidak, maka masih ada pertanyaan terakhir.

Apakah hal tersebut akan bermanfaat bagi orang lain?

Jika ya, Anda bisa mem-post hal tersebut. Jika tidak, maka lebih baik jangan.

Memang banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum posting sesuatu secara online. Pikirkan, apakah yang Anda post bermanfaat ataukah tidak? Apakah hal tersebut membahas mengenai sesuatu atau orang lain? Apakah hal tersebut akan menyakiti perasaan orang lain ataukah tidak? Apakah itu hanya sekedar cari perhatian Anda ataukah tidak? Jika jawabannya tidak, mungkin Anda bisa posting hal tersebut. Jika ya, mungkin Anda bisa menyimpan saja untuk kebutuhan pribadi Anda. Informasi selebihnya bisa Anda lihat dalam infografik di bawah ini.

15986

Baca juga: 13 jenis foto profil Twitter yang sebaiknya dihindari

Tags: