I (don’t) Like Monday

Pernyataan “I don’t like Monday” mungkin sudah Anda kenal. Hari Senin biasa menjadi momok para pekerja setelah beristirahat pada akhir minggu. Namun waktu terus berjalan dan Anda tidak dapat menghentikan waktu selamanya pada akhir minggu. Pada akhirnya hari Senin pun harus Anda hadapi. The Muse Daily memberikan beberapa tips bagi Anda untuk menghadapi hari Senin agar tidak menjadi momok bagi Anda.

1. Beri Diri Anda Sedikit Waktu

Menghadapi Senin yang hectic mungkin dapat membuat Anda pusing sendiri. Jalanan yang macet, kerjaan baru di kantor dan sebagainya. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda memberikan waktu sejenak untuk sekedar menarik napas. Jadikanlah hari Senin sebagai hari berpikir kreatif. Lupakan waktu untuk mengerjakan kerjaan Anda, luangkan untuk berpikir. Berpikir mengenai strategi apa yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan minggu ini bisa menjadi salah satu alternatif.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Pagi Hari Kita Lebih Produktif

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Ketika bangun tidur pada pagi hari di hari Senin, rasanya Anda tidak ingin membuka selimut dan ingin tidur seharian. Namun lagi-lagi, waktu harus berjalan. Bangunlah! Lakukan exercise ringan, yoga ataupun lari pagi. Dengan berolahraga hal ini dapat membangkitkan energi yang bisa Anda pergunakan seharian. Sebagai bonus Anda dapat merasa bersemangat dan merasa sangat sehat.

3. Mulai dengan Membuat Kebaikan

Ingin hari Anda baik? Kuncinya ada dalam diri Anda. Meskipun Anda harus menghadapi boss Anda yang menyebalkan, ataupun karyawan yang bertalenta Anda memutuskan untuk keluar, bukan berarti Anda harus ikutan bad mood. Jangan biarkan mood mengontrol Anda, tapi Anda-lah yang harus mengontrol mood Anda.

Mood selama seminggu bisa ditentukan pada hari Senin. Bagaimana Anda menghadapi hari Senin mencerminkan bagaimana Anda menghadapi seminggu ini. Bangunlah mood Anda dengan baik. Tersenyum dan menyapa karyawan Anda, memberikan hadiah kecil pada karyawan Anda yang menampilkan performa baik, dapat membuat Anda senang dan mood Anda menjadi baik.

4. Berkeliling Kantor

Bangkitlah dari tempat duduk Anda. Hari Senin bukanlah saatnya bermalas-malasan. Datangilah karyawan-karyawan Anda. Berkeliling kantor, sapa dan berbincanglah dengan karyawan Anda. Apakah mereka bersemangat ataukah tidak, senang ataukah tidak, dapat Anda ketahui.

Sebagai pemimpin, Anda perlu untuk membuka percakapan. Menghabiskan waktu setidaknya 10 menit saja untuk menanyakan karyawan Anda apa yang sedang mereka kerjakan, dan benar-benar mendengarkan apa yang ia katakan, dapat membuat Anda memahami karyawan Anda, apa yang membuatnya tetap bertahan diperusahaan, bagaimana progress pekerjaannya dan permasalahan yang sedang ia hadapi.

5. Rencanakan Seminggu Ini

Rencanakan apa yang ingin Anda lakukan selama seminggu ini dan apa yang ingin Anda raih pada akhir minggu. Anda ingin menyelesaikan materi presentasi untuk minggu depan, maka rencanakan dengan baik. Buatlah satu kalimat headline yang singkat namun sangat powerful untuk membuat Anda termotivasi untuk menjalankan apa yang Anda rencanakan agar lebih bersemangat.

Baca juga: Semua Punya 24 Jam Sehari, Bagaimana Menjadi Lebih Produktif?

Tags: ,