Humor Membuat Meeting Lebih Produktif

Ketika mendengar kata meeting, apa yang ada dalam benak Anda? Aktivitas yang menjemukan? Membuat ngantuk? Atau hanya menghabiskan waktu saja? Ketika hal-hal tersebut muncul dalam benak Anda, maka bisa dikatakan bahwa Anda tidak menikmati jalannya meeting.

Padahal meeting merupakan suatu situasi dimana informasi itu dibagi, keputusan dibuat dan setiap orang yang hadir mampu memahami permasalahan yang sedang dihadapi dan berusaha untuk menyelesaikannya bersama. Namun adakalanya meeting menjadi aktivitas yang sangat menjemukan.

Baca juga: 10 Tipe kepribadian yang dapat mengganggu jalannya meeting

Meeting tidak dapat dihindari atau bahkan ditiadakan. Namun Anda bisa membuat meeting Anda lebih berwarna dengan sedikit humor, lelucon, candaan dan tawa. Berdasarkan studi dalam Journal of Applied Psychology yang dimuat dalam Science of Us, diketahui bahwa humor dapat membuat meeting menjadi jauh lebih produktif.

Menyisipkan lelucon ataupun sekadar menonton film atau video lucu dapat membuat meeting menjadi lebih produktif. Hal ini didasari dari pemikiran bahwa jika seseorang tertawa dan merasa senang, maka mereka akan lebih aktif untuk menyampaikan ide baru, menanyakan suatu pertanyaan, atau menyemangati orang lain untuk lebih aktif. Secara tidak langsung hal inipun akan memberikan dampak pada mood seseorang sehingga mood menjadi baik.

Sebelum Anda mengubah agenda meeting Anda menjadi ajang stand-up comedy, mulailah dengan membuat meeting yang sifatnya santai. Sehingga orang-orang yang datang merasa senang. Anda bisa membuat peraturan baru untuk mengajak rekan Anda datang meeting. Misalnya setiap orang wajib membawa video singkat yang lucu untuk diputar sebelum meeting mulai. Dengan membangun mood yang positif, maka kegiatan berikutnya pun akan ikut terbawa positif. Yakinlah bahwa sedikit bercanda akan membuat meeting Anda lebih produktif, asalkan tidak berlebihan. Selamat tertawa!

Baca juga: Peraturan unik CEO Amazon saat meeting

Tags: , ,