Hindari Saltum di Kantor

Jika kantor Anda tidak memiliki seragam, mungkin Anda akan bingung untuk mengenakan apa pada saat hari pertama bekerja. Beberapa sektor industri seperti hukum, keuangan dan konstruksi memang memiliki peraturan yang jelas terkait apa yang harus dikenakan saat ke kantor. Namun sisanya tidak. Daripada Anda saltum alias salah kostum pada saat pertama kali bekerja, kami ambil beberapa tips dari Mashable berikut ini:

1. Bertanyalah

Ini merupakan cara yang paling mudah. Tanyakan pada mereka yang sudah bekerja terlebih dahulu di sana. Jika Anda melalui proses rekrutmen, tanyakan pada yang mewawancarai Anda. Mungkin Anda akan merasa segan untuk bertanya, namun akan lebih segan lagi datang ke kantor dengan kondisi salah kostum bukan?

Baca juga: Bagaimana definisi penampilan menarik?

2. Perhatikan bos Anda

CEO perusahaan merupakan salah satu contoh representatif suatu perusahaan. Biasanya mereka akan dijadikan panutan dalam berbagai hal, termasuk cara berpakaian. Selain dari CEO, Anda juga bisa curi-curi petunjuk dari kepala departemen ataupun supervisor Anda. Jika bos Anda mengenakan pakaian formal setiap harinya, maka Anda tidak dapat mengenakan pakaian kasual untuk menyeimbanginya.

3. Buatlah diri Anda nyaman

Kenakanlah pakaian yang membuat Anda nyaman. Karena dengan pakaian yang nyaman, maka rasa percaya diri Anda pun akan ikut terbangun. Jika perusahaan Anda mengharuskan Anda mengenakan rok, jangan kenakan yang terlalu pendek yang akan membuat Anda kesulitan dalam bergerak.

4. Perhatikan budaya perusahaan

Mencari tahu budaya perusahaan mungkin tidak semudah mencari tahu pakaian apa yang sesuai dikenakan di perusahaan tersebut. Namun jika Anda mampu mengetahuinya, maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk mencari pakaian setiap harinya. Jika Anda akan bekerja pada perusahaan kreatif dan menekankan kerja sama, mungkin pakaian yang kasual tidak akan masalah. Namun jika Anda bekerja pada perusahaan dengan lingkungan yang formal, maka pakaian yang dikenakan pun akan formal pula.

5. Mencari tahu terlebih dahulu

Ketika pertama kali Anda datang untuk wawancara, pakaian yang rapi dan formal mungkin perlu Anda kenakan. Namun Anda bisa mencari tahu terkait hal pakaian ini sebelum atau sesudah wawancara. Sebelum Anda datang untuk wawancara, Anda bisa mencari tahu lewat jejaring sosial perusahaan. Ketika datang untuk wawancara, Anda bisa memperhatikan pakaian yang dikenakan oleh karyawannya. Hal ini dapat membuat Anda tidak saltum pada saat hari pertama Anda mulai bekerja.

Baca juga: Ganti Pakaian Anda Agar Lebih Produktif

Tags: , ,