Hindari Kebiasaan Sepele ini Agar Tak Terlambat Kerja

Beberapa orang merasa bahwa diri mereka tidak didesain untuk bisa bangun pagi. Alih-alih mencari penyebabnya, mereka justru berjanji tidak akan mengulangi tetapi tetap menjalani pagi hari dengan hal-hal yang membuat mereka terlambat berangkat kerja. Jika gejala di atas Anda alami, maka cobalah beberapa langkah kecil dan sepele ini untuk menghindar dari kebiasaan terlambat setiap pagi:

1. Anda tidak memasang tirai jendela

Entah itu berasal dari lampu jalanan atau sinar rembulan, cahaya tetaplah merupakan gangguan ketika kita tidur. Bahkan untuk mengatasinya, hanya dengan memejamkan mata saja tidak cukup. Sebaliknya, alangkah baiknya jika kita menggunakan tirai yang membuat kamar kita menjadi lebih gelap. Hal ini akan membuat situasi kamar kita menjadi lebih tenang.

Baca juga: Terlambat masuk kantor potong gaji, bolehkah?

2. Lemari Anda berantakan

Saat membuka lemari pakaian dan kita tidak dapat mengenali apa saja yang tersimpan di dalamnya, maka hal itu jelas akan memperlama persiapan kita. Jadi jika Anda tidak memiliki waktu luang di akhir pekan untuk merapikan lemari, sebaiknya ambil pakaian yang akan dipakai esok hari, kemudian letakkan di suatu tempat. Sore harinya, sempatkan untuk merapihkan lemari sehingga tidak begitu menyita waktu persiapan kita sebelum keluar rumah.

3. Anda sering lupa menaruh kunci

Setiap orang biasanya punya satu spot di dalam ruangan yang berfungsi sebagai “dropzone”, dimana di tempat itulah kita meletakkan barang-barang yang kita bawa. Misalnya saja kunci rumah, baju atau tas. Sehingga pada pagi harinya, Anda harus terhenti sejenak dari aktivitas Anda hanya untuk mengurai tumpukan barang-barang tersebut. Seringkali hanya untuk mencari  sebuah benda kita menghabiskan waktu lebih dari satu jam sehingga berpotensi membuat kita terlambat.

4. Anda tidak paham mode “auto” pada coffee maker Anda

Setiap menit yang kita miliki di pagi hari adalah sesuatu yang sangat berharga. Dan akan sangat disayangkan jika waktu tersebut kita alokasikan cukup lama hanya untuk membuat secangkir kopi dari coffee-maker Anda. Lihat secara detail manual penggunaan dan jika dapat diatur secara otomatis, manfaatkan betul-betul fitur itu. Jika tidak? Maka pastikan Anda memiliki persediaan kopi bubuk siap seduh.

5. Anda tidak merapikan tumpukan piring dan gelas kotor

Tumpukan gelas dan piring kotor di atas wastafel dapur bukanlah pemandangan yang indah di pagi hari. Begitupun waktu Anda di pagi hari, sayang sekali jika dihabiskan dengan mencuci piring. Tumpukan piring/gelas tersebut juga berpotensi merusak mood saat kita hendak menyeduh kopi tetapi gelasnya masih dalam kondisi kotor sisa kopi malam sebelumnya. Jadi, mengantisipasi agar tidak telat berangkat kerja, selesaikan urusan piring kotor sebelum tidur. Jika tidak memungkinkan, setidaknya simpan satu coffee-mug bersih yang siap pakai sebelum tidur.

6. Anda jarang membersihkan kepala shower

Air yang mengalir dalam shower kita tidak selalu bersih alami. Ada kandungan-kandungan zat kimia yang karena sudah terlalu lama, berubah menjadi kerak sehingga menyumbat aliran air pada shower. Tentunya, kerak tersebut akan mengganggu aliran air yang memperlambat Anda membasuh tubuh. Usahakan untuk secara rutin mengecek kondisi shower.

Baca juga: 12 Alasan terlambat yang aneh