Hal-hal yang Harus Dilakukan 10 Menit Sebelum Meeting

Bukan suatu hal yang baik ketika Anda datang dalam suatu meeting dan semua orang sudah hadir. Anda akan terlihat tidak siap, tidak professional dan sebagainya. Tanpa Anda sadari keterlambatan Anda juga akan mempengaruhi penilaian orang lain pada diri Anda.

Salah satu cara sederhana untuk menyelesaikan permasalahan keterlambatan Anda adalah dengan memasang alarm. Microsoft Outlook ataupun Google Calendar, memiliki pengaturan alarm yang dapat di set 10 menit sebelum agenda apapun. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi frekuensi keterlambatan Anda perlahan-lahan. Lalu apa saja yang harus dilakukan sebelum meeting mulai?

Baca juga: Sukses melakukan review meeting

10 Menit Sebelum

Meeting apapun yang Anda hadiri, entah sebagai pemimpin ataupun peserta, Anda perlu memanfaatkan waktu untuk meresapinya. Ketika alarm yang sudah Anda setting bordering, Anda harus menghentikan segala kegiatan Anda dan menjawab pertanyaan ini?

– Apa saya memiliki materi yang tepat?

– Apakah anggota tim saya sudah siap?

– Apakah saya siap untuk memberikan pengumuman?

– Apakah ruangan dan peralatan yang dibutuhkan untuk meeting sudah siap?

– Apakah saya harus mengingatkan orang yang sedang mempergunakan ruangan meeting?

Dengan menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda bisa mengetahui kesiapan Anda menghadapi meeting. Kalaupun ada yang masih kurang, Anda masih memiliki waktu unuk mempersiapkannya.

5 Menit Sebelum

Datanglah ke ruang meeting. Akan lebih baik jika Anda menunggu sebentar daripada membiarkan orang lain menunggu lama. Dengan Anda datang lebih awal, maka peserta meeting lainnya akan lebih menghargai Anda dan tentu saja menghargai meeting yang dilakukan.

Baca juga: Meeting, momok atau memicu produktivitas?