Ganti Pakaian Anda Agar Lebih Produktif

Anda ingin lebih fokus, produktif, positif, berpengaruh dan dipercaya? Rahasianya bukanlah gadget baru ataupun kopi pagi Anda yang perlu berganti rasa, namun pakaian Anda.

Menurut studi yang dilakukan oleh Joy V. Peluchette dan Katherine Karl pada tahun 2007, perbedaan jenis pakaian dapat memberikan dampak yang cukup besar bagi perasaan dan perilaku seseorang.

Baca juga: Karir Kita Berawal dari Cara Berpakaian

Contohnya, seseorang akan lebih otoriter dan lebih dipercaya jika mengenakan pakaian formal, namun mereka akan lebih friendly ketika mengenakan pakaian yang lebih kasual.

Sedangkan pada tahun 2012, suatu studi menemukan bahwa mahasiswa yang mengenakan jas lab akan lebih akurat menyelesaikan permainan yang sifatnya mengasah otak dibandingkan ketika memakai pakaian sehari-hari mereka. Selain itu mereka juga merasa lebih fokus dalam menyelesaikan permainan tersebut.

Apa makna yang bisa diambil dari kedua studi tersebut? Sederhananya, ketika Anda terpikir untuk mengubah rutinitas Anda, atau Anda ingin lebih fokus dan efisien, Anda bisa mulai dengan mengganti pakaian Anda dari yang biasa Anda kenakan. Jika Anda sebenarnya tidak terlalu nyaman dengan three-piece suit, Anda mungkin bisa menanggalkan blazer atau jas Anda untuk sehari, dan rasakan perbedaannya.

Jika Anda sering mempergunakan warna kalem ataupun netral, cobalah pergunakan warna yang cerah atau bermotif kecil untuk mood yang lebih berwarna. Bahkan jika Anda bekerja di rumah sekalipun, mempergunakan kemeja dibandingkan kaos akan membuat Anda lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Mungkin pakaian hanya sebagian kecil hal yang jarang diperhatikan. Mulai sekarang Anda bisa mulai membuka-buka lemari baju Anda, mencari baju untuk ke kantor keesokan harinya, dan rasakan perubahan produktivitas Anda.

Baca juga: Bagaimana Definisi Penampilan Menarik?

Tags: , , ,