Fokus dan Terhindar dari Stress di Tahun 2017, Gunakan Cara ini!

adult-1868015_640

Membuat jurnal setiap hari, terlihat seperti kebiasaan yang ganjil, mengasyikkan tetapi juga egois. Sekedar menulis tentang diri sendiri tentunya tidak akan mengubah apapun bukan? Pada kenyataannya tidak demikian.

adult-1868015_640

Menulis adalah tradisi lama yang sudah ada dari masa lampau. Bahkan, setiap sumpah ataupun perjanjian antar manusia diresmikan dengan bukti pena di atas kertas. Tulisan-tulisan tersebut menjadi sebuah dokumentasi yang dapat menuntun kita belajar sejarah.

Setelah puluhan tahun berlalu, kini penelitian modern telah menemukan bahwa menulis jurnal atau diary, memberikan manfaat positif bagi pelakunya. Hal ini berlaku terutama untuk jenis penulisan ekspresif, seperti ketika menulis hal-hal yang represif seperti kehilangan pekerjaan, teman atau bahkan putus cinta.

Faktanya, kebiasaan menulis jurnal berdampak positif untuk kesehatan fisik dan mental seperti, mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi paru-paru, hati, gejala asma, iritasi usus besar, artritis, meningkatkan imunitas, dan juga memperbaiki daya ingat. Selain itu, menulis juga dapat mempercepat proses penyembuhan ketika kita sedang berada pada proses perawatan karena suatu penyakit.

Lepas dari manfaat kesehatan, menulis juga terbukti membuat kita lebih cepat mendapatkan pekerjaan, membuat kita lebih fokus ketika bekerja dan memperbaiki GPA bagi pelajar.

Mengapa menulis jurnal mendatangkan begitu banyak keuntungan bagi kesehatan kita?

Ahli psikologi dan peneliti expressive writing mengungkapkan, “Menulis tentang subyek-subyek yang memancing emosi membuat penulisnya memiliki perspektif, kerangka pikir yang berbeda dan menjadi lebih terorganisasi dalam mencari penyelesaian masalah. Hal ini membuat penulis yang sebetulnya sedang menghadapi masalah menjadi lebih tenang dan tidur lebih lelap.”

Jadi, apakah Anda sudah mulai yakin akan manfaat menulis? Jika jawabannya adalah “ya”, maka mulailah dengan beberapa metode berikut,

  1. Menulis dengan tangan

Menulis dengan tangan dapat menstimulus kinerja bagian otak yang bernama Recticular Activating System (RAS). Bagian otak ini berfungsi untuk meningkatkan kemampun kita untuk berfokus. Menulis dengan tangan juga dapat meningkatkan kerja motorik yang tidak dapat kita peroleh seperti ketika mengetik. Hal ini membuat otak menjadi lebih tajam.

  1. Simpan sebagai rahasia dan tidak perlu diedit

Tulis dengan cepat tanpa perlu terlalu banyak berpikir. Tujuannya adalah untuk menumpahkan uneg-uneg dan apapun yang ada di pikiran kita. Jangan dibagi ke media sosial apapun dan jangan khawatir dengan kesalahaan ejaan. Tulisan tersebut merupakan ekspresi diri sendiri jadi jangan berpikir tentang kesempurnaan pengejaan dan tata bahasa.

  1. Beli buku jurnal yang Anda sukai

Anda akan banyak menghabiskan waktu untuk menulis di jurnal tersebut, oleh karena itu, pilihlah model buku yang Anda betul-betul sukai. Tips dari para ahli, pilihlah yang bergaris dan dijilid spiral sehingga memudahkan Anda dalam menulis.

  1. Tulis setiap harinya sekitar 15-20 menit

Sama halnya dengan meditasi. Anda harus menulis secara konsisten untuk jangka waktu yang panjang. Jadi luangkan waktu misalnya setiap pagi atau sore hari, sesuai dengan cocok dengan mood Anda. (*)