Etika LinkedIn: 10 Hal yang Baik dan Tidak

LinkedIn-Etiquette

Tidak diragukan lagi, kini LinkedIn telah menjadi jaringan profesional terbesar dan sumber paling potensial bagi sumber daya manusia yang ingin mengejar karir dan membangun personal brand di dunia kerja.

Seperti layaknya social media, LinkedIn juga mempunyai beberapa etika yang perlu diikuti. Tak lain untuk membuat sebuah profil profesional yang dapat menguatkan network Anda di dunia kerja. Bisa dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis, setidaknya semua cara itu untuk menarik perhatian orang yang Anda inginkan. Seperti yang ditampilkan di dalam Infografik menarik dari Top Dog Social Media, berikut Etika ber-LinkedIn yang sebaiknya Anda sanggupi.

Yang terpenting yang harus dilakukan adalah pasang foto profil di LinkedIn untuk menunjukkan siapa diri Anda, jika Anda mau memposting sesuatu, bagikan informasi yang relevan dengan bisnis, ingat ini LinkedIn bukan Twitter atau Facebook.

Salah satu dari 10 hal yang harus dilakukan yaitu buka nomor kontak Anda agar orang dapat menghubungi Anda dengan mudah. Untuk membangun jaringan yang luas, jangan terkesan over untuk menambahkan orang ke jaringan Anda, lakukan dengan sewajarnya dan tidak berlebihan.

Sementara hal yang perlu Anda hindari yaitu jangan mengumbar komentar negatif di LinkedIn, hal itu akan berpengaruh besar kepada pribadi Anda. Untuk memposting artikel atau file juga jangan terlalu berlebihan, satu kali sehari rasanya cukup. Itu pun jika Anda bergabung di grup, usahakan membagikan informasi yang memiliki value untuk member, bukan konten yang mementingkan diri Anda sendiri. Etika LinkedIn selengkapnya dapat Anda lihat di Infografik berikut ini.

 

Tags: ,