Etika di Toilet Kantor

Makan, cara berpakaian bahkan membalas email sekalipun, memiliki etika yang perlu diperhatikan. Namun ada satu hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda namun harus memiliki etika khusus, yakni kamar mandi.

Terkadang mungkin Anda merasa sebal ketika ada orang lain yang meninggalkan bilik kamar mandi dengan kotor, tidak membuang tissue yang mereka pergunakan bahkan tidak mem-flush kotoran mereka. Terlebih lagi jika di kantor. Hal itu kemudian membuat Anda bertanya-tanya siapa yang dengan begitu jorok meninggalkan kamar mandi. Beruntunglah Anda, The Muse memberikan pemaparan mengenai etika di kamar mandi. Apa sajakah etika dalam kamar mandi? Berikut pemaparannya.

Pria

1. Berikanlah jarak dengan orang lain yang sedang buang air juga. Adakalanya seseorang mengidap shy-bladder-syndrome, sehingga malu jika di sebelahnya terdapat orang lain.

2. Hindari percakapan basa-basi, kecuali Anda adalah bosnya.

3. Jika Anda tidak ingin diajak berbincang, alangkah lebih baik jika pandangan Anda mengarah ke tembok

4. Bersihkanlah seat toilet yang Anda pergunakan. Jika Anda datang dengan kondisi bersih, maka Anda juga harus meninggalkannya dengan kondisi bersih

Baca juga: ‘Work/Life Balance’: Ciptakan Budaya kerja yang beretika

Wanita

1. Buanglah sampah pada tempatnya. Bukan dalam kloset.

2. Jika Anda mendengar ada yang sedang menangis, tidak perlu menunjukkan rasa kasihan Anda, kecuali itu sahabat Anda.

3. Pilihlah kubikel yang paling ujung. Jika tidak memungkinkan, pastikan bahwa kubikel toilet Anda terkunci dengan baik.

4. Pergunakan tissue sesuai kebutuhan

5. Hati-hati dalam mempergunakan hairspray ataupun parfum di toilet, jangan terlalu berlebihan karena belum tentu semua orang suka dengan wanginya.

Untuk Pria dan Wanita

1. Hindari untuk mengangkat telepon di toilet. Selain takut handphone Anda tercebur ke kloset, suara Anda pun akan dapat membuat orang lain terganggu.

2. Hindari mengetok pintu bahkan ketika Anda sudah tidak tahan. Tunggu dengan tenang, atau kembali ke meja Anda.

3. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menyelesaikan pembuangan Anda.

4. Hindari untuk membawa makanan ke dalam toilet, karena toilet adalah sumber kuman dan bakteri.

5. Jangan mencoret-coret tembok toilet.

Baca juga: Etika Linkedin: 10 Hal yang baik dan tidak

Tags: ,