Dibanding Suplemen, Tidur yang Cukup Efektif Lindungi Tubuh

Sleep Well

Saat ini kita sedang menghadapi musim panas. Musim hujan pun akan datang tidak lama lagi. Peralihan musim dari musim panas ke musim hujan biasanya membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Untuk menghadapi peralihan musim ini, tentu saja kita harus mempersiapkan diri agar tidak sakit. Daripada mengkonsumsi berbagai macam suplemen vitamin, ternyata tidur yang cukup, sudah dapat mencegah Anda dari sakit. Hal ini dikemukakan berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh para psikiater dan psikolog dari University of California San Francisco, the University of Pittsburgh Medical Center dan Carnegie Mellon University.

Sleep Well

Dalam penelitian tersebut para peneliti memonitor pola tidur 164 wanita dan pria dalam kondisi sehat dengan usia antara 18 sampai 55 tahun selama satu minggu. Para partisipan diberikan jurnal tidur dan mengenakan alat di tangan mereka untuk melihat pergerakan dan aktivitas mereka selama tidur. Mereka semua kemudian di karantina, diinjeksi dengan rhinovirus (virus yang menyebabkan demam) dan dimonitor selama lima hari berikutnya.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa partisipan yang tidur kurang dari enam jam setiap malamnya atau setidaknya kurang tidur selama empat kali dalam seminggu, lebih mudah terkena demam dibandingkan mereka yang tidur selama tujuh jam atau lebih setiap harinya.

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Turunkan Fungsi Otak

Menurut Aric Prather, selaku asisten professor psikiatri yang menjadi pemimpin penelitian, usia, tingkatan stress, ras, pendidikan ataupun pendapatan bahkan perokok ataukah tidak, tidak berpengaruh dengan mudah atau sulitnya seseorang terkena demam. “Hanya tidur yang dapat mempengaruhi apakah seseorang mudah sakit ataukah tidak,” ungkap Prather.

Meskipun hasil ini terlihat cukup kuat, namun Prather mengungkapkan masih memerlukan penelitian lebih lanjut. “Apakah meningkatnya durasi tidur dapat melindungi seseorang dari demam ataukah tidak masih menjadi pertanyaan yang tertinggal,” ungkap Prather.

Intinya tidur yang cukup memang dibutuhkan oleh setiap orang. Entah itu untuk menghindari diri dari sakit atau sekedar membuat badan lebih segar keesokan harinya. Sleep well! (*)