Cobalah 5 Meditasi Ringan ini untuk Anda yang Sulit Fokus

Meditasi kerap kali dianggap remeh karena manfaatnya yang tidak secara drastis terlihat. Namun, menurut sebuah penelitian, meditasi memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan kreativitas, mengurangi rasa depresi dan kegelisahan, dan bahkan dapat membantu dalam mengambil keputusan.

Namun, bagi orang yang otaknya multitasking dan sulit berkonsentrasi karena sibuk memikirkan aktivitas lainnya, meditasi terdengar sulit dilakukan. Menurut seorang guru meditasi, Amit Sood dari Mayo Clinic Guide, Amerika Serikat, beberapa cara meditasi ringan dapat dilakukan oleh orang-orang yang sulit fokus dan multitasking:

1. Selipkan Aktivitas Meditasi dalam Aktivitas Sehari-hari

Jika selama ini Anda berpikir bahwa meditasi adalah duduk di pojok atau di tempat sepi, kemudian menggumam “huummm”, maka sudah saatnya pemikiran tersebut diubah. Menurut Dr Sood, meditasi tidak harus dilakukan dengan cara demikian. Kita bisa saja menyelipkannya ke aktivitas sehari-hari. Misalnya saat kita jalan kaki. Daripada kita mendengarkan musik, kita bisa melafalkan kata positif seperti “peace” atau “tenang” setiap kaki kita menapak ke tanah. Dan dalam beberapa menit, kata-kata tersebut akan terucap secara otomatis seperti layaknya nyanyian. Kata-kata tersebut akan masuk ke dalam fase kontemplatif kita.

2. Luangkan waktu untuk bersyukur

Kita bisa melakukan meditasi dalam waktu yang relatif singkat yakni dua menit. Kita bisa menggunakan ponsel untuk menandai waktu. Yang perlu kita lakukan adalah memikirkan 5 nama orang yang paling membuat kita bersyukur. Daftar kembali kebaikan-kebaikan mereka yang membuat kita bersyukur. Langkah kedua adalah bayangkan Anda sedang menatap matanya dalam-dalam dan terakhir bayangkan Anda memberikan pelukan hangat untuk masing-masing orang. Dengan memvisualisasikan gambaran kerabat yang peduli dengan kita, energi positif akan mengalir dan bertahan seharian menemani kita menjalani aktivitas kita.

3. Memulai dari hal kecil

Untuk permulaan kita dapat melakukan meditasi selama dua sampai tiga menit dalam sehari. Latihannya pun cukup ringan, yaitu dengan duduk tenang kemudian tarik nafas dan bayangkan bahwa otak kita dipenuhi cahaya. Kemudian hembuskan nafas pelan-pelan. Tarik nafas lagi, tetapi kali ini kita bayangkan bahwa hati kita yang dipenuhi cahaya. Hembuskan nafas lagi, kemudian ulang itu beberapa kali hingga dua atau tiga menit. Hal ini akan membuat kita lebih rileks.

4. Mendoakan hal baik untuk orang lain

Setiap pergi ke kantor, kita akan melewati meja rekan-rekan kerja. Saat melewati mereka, sempatkan untuk mendoakan orang-orang tersebut. Misalnya, katakan dalam hati “semoga meetingnya lancar” atau “semoga urusan dengan klien lancar”. Kita ucapkan itu kepada siapapun, termasuk orang yang tidak kita sukai. Hal ini akan menjauhkan kita dari energi negatif, menghindarkan kita dari iri hati dan menggantikannya dengan energi positif yang akan memberikan energi sepanjang hari.

5. Menggunakan aplikasi

Apabila cara-cara yang sudah disebut di atas tidak juga membuahkan hasil, maka kita bisa menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel kita. Beberapa aplikasi populer yang dapat kita pergunakan di antaranya Stop Breath and Think atau Mental Workout.

Baca juga: 5 Cara Mencapai Keseimbangan untuk Seorang Pengusaha

Tags: ,