Camkan untuk Diri Sendiri, Tidak Tahu Bukan Berarti Bodoh!

confused-880735_640

Anda pasti pernah berada dalam situasi ini: Anda sedang berada di tengah meeting dan mereka membahas mengenai hal yang tidak Anda pahami sama sekali. Mungkin mereka akan menanyakan pendapat Anda. namun apa yang akan Anda lakukan?

confused-880735_640

Alih-alih bertanya  apa yang sedang di bahas, Anda hanya mengangguk, tersenyum atau membiarkan mereka meneruskan perbincangan hingga meeting berakhir. Pada akhirnya, Anda benar-benar tidak tahu apa yang mereka bahas dan kebingungan Anda pun memuncak.

Anda mungkin berpikir bahwa tidak mengakui bahwa Anda tidak tahu dapat menyelamatkan hidup Anda. Namun Lyza Danger Gardner, dalam tulisannya yang berjudul ‘Never Heard of It’, mengingatkan bahwa hal tersebut hanya akan membuat Anda tidak berkembang.

Baca juga: Jangan Ragu Katakan TIDAK pada Rekan Kerja http://portalhr.com/tips/jangan-ragu-katakan-tidak-pada-rekan-kerja/

Percaya atau tidak, tidak semua orang tahu dan paham berbagai macam hal. Memberitahu bahwa Anda tidak begitu paham mengenai suatu hal tidak akan membuat Anda terlihat bodoh. Melainkan hanya bermakna bahwa Anda belum paham mengenai hal tersebut.

Katakanlah, “Saya sebenarnya tidak terlalu paham mengenai X, bisakah Anda menjelaskannya pada saya?” Dengan mengatakan hal tersebut, Anda mengurangi beban pikiran Anda karena tidak tahu, menunjukkan bahwa Anda antusias untuk mempelajari hal baru dan tentu saja, menambah pengetahuan Anda.

Baca juga: Berhenti Katayan, Tapi Mulai dari Sekarang

Jadi bila seseorang membahas mengenai hal yang tidak Anda pahami, janganlah sungkan untuk bertanya. Meskipun hal tersebut tidak mudah, namun yakinlah bahwa hal tersebut pun tidak akan membuat Anda terlihat bodoh. Jika berat untuk melakukannya, melakukan studi literatur kilat melalui Google mungkin bisa membantu Anda. (*)