Bersikap Profesional dalam Bekerja

Profesionalisme bukanlah hanya suatu kata, namun itu merupakan suatu komitmen. Berbicara mengenai profesionalisme, mungkin Anda bisa mulai mempertanyakan pada diri Anda. Sebenarnya apa sih makna dari profresionalisme itu? Dan pertanyaan yang lebih penting, apakah dampak dari bersikap professional bagi diri Anda sendiri?

Bidang kesehatan, hukum dan akuntansi merupakan beberapa bidang yang telah memiliki kode etik profesional sendiri. Kita tidak perlu khawatir pada mereka yang bekerja di bidang ini karena mereka telah memiliki standar profesional tersendiri yang menjadi standar mereka dalam bekerja. Namun bagaimana dengan bidang HR?

Society for Human Resource Management (SHRM) telah memberikan panduan kode etik profesional untuk para praktisi di bidang HR yang disebut sebagai “Profesional Responsibility.” Berikut pemaparan mengenai hal tersebut seperti yang dikutip dari buku Introduction to Management karya Schermerhorn:

– Anda perlu memberikan nilai bagi organisasi Anda

– Berkontribusi untuk menajalankan kode etik yang sudah ditetapkan

– Menjadi pionir dalam menjalankan profesi sesuai dengan kode etik

– Bertanggung jawab dengan segala rencana dan pelaksanannya

– Melakukan keadilan dan kesetaraan di tempat kerja

– Jujur dalam mengungkapkan suatu informasi

– Menjaga Hak Asasi Manusia setiap individu dalam organisasi Anda

– Terus menerus berusaha untuk mencapai target yang semakin meningkat

– Selalu berusaha untuk memajukan kemampuan suatu individu dalam organisasi Anda

Mengapa hal-hal ini menjadi penting untuk dimiliki seorang pemimpin? Karena profesionalisme sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis dan manajemen. Dalam kedua bidang ini, namun tidak hanya kedua bidang ini termasuk bidang yang lainnya, dituntut untuk bersikap professional dalam bekerja.

Tags: