Berhenti Katakan “Tapi…” Mulai dari Sekarang!

Ketika Anda memulai kalimat dengan “Saya ingin… ” namun mengakhirinya dengan “tapi…” maka artinya Anda membuat alasan. Perlu Anda ketahui bahwa kata ‘tapi’ artinya membuat alasan terhadap segala hal yang diucapkan sebelumnya.

Tapi merupakan suatu kata yang tidak disarankan untuk dipergunakan ketika Anda membicarakan tentang mimpi dan tujuan dalam hidup Anda. Jika Anda serius untuk meraih mimpi dan tujuan dalam hidup Anda, maka tidak akan ada alasan apapun yang dapat menghentikan Anda. Tetaplah maju dan mulai hilangkan kata ‘tapi’ dari kamus hidup Anda.

Baca juga: Alasan Mengapa Anda harus Berhenti Ngopi di Pagi Hari

Gary Vaynerchuk, selaku co-founder dari Vayner Media, suatu agensi digital, menyatakan bahwa jangan sampai Anda memberi tahukan kepada orang-orang di sekitar Anda kesulitan apa yang Anda hadapi dalam meraih tujuan Anda. Orang-orang terkadang memiliki banyak alasan, dalam artian terlalu banyak tapi. Hal inilah yang menyebabkan seseorang ‘hanya’ mampu meraih hal yang sifatnya standar.

Bagi Vaynerchuk, kata tapi baginya berarti bahwa ia menikmati proses pengerjaannya. Jika ia tidak mampu mencapai hal maksimal yang ia inginkan maka artinya ia terlalu menikmati prosesnya. Vaynerchuk menambahkan bahwa ia lebih menyukai prosesnya dibandingkan hasilnya akhirnya. Ia menikmati setiap proses yang ia jalani dalam mencapai tujuannya, meskipun menghadapi banyak tantangan.

Jangan biarkan orang lain mengetahui kesulitan yang Anda hadapi, karena Anda dapat mengendalikannya. Pergunakan segala sumber daya yang Anda miliki. Tempatkan pada posisi yang bisa membuat Anda meraih apa yang Anda inginkan. Sehingga segalanya bergantung kepada kemampuan Anda untuk mengendalikan.

“Ketika ada yang salah dengan perusahaan, saya menganggap bahwa kesalahan tersebut ada pada diri saya. Saya senang untuk menyalahkan diri saya, bukannya menyalahkan orang-orang lain. Hal ini dikarenakan jika saya menyalahkan diri saya sendiri, maka saya dan tim saya dapat menyelesaikannya dengan dimulai dari memikirkan solusi. Bukannya membicarakan permasalahan terus menerus dan sibuk menyalahkan orang lain,” tulis Vaynerchuk. Maka dari itu, berhentilah mengatakan ‘tapi’ dan Anda akan dipaksa untuk terus maju meraih apa yang Anda inginkan, sehingga tidak ada hal yang dapat menghalangi Anda.

Baca juga: 5 Alasan Ilmiah Seseorang Suka Menunda-nunda Pekerjaan