Berbisnis dengan Jurus Tukang Kebun

Mengembangkan bisnis ibarat merawat sebuah kebun sayur. Pengetahuan, perencanaan yang hati-hati, sistem yang rapi, penggunaan alat-alat yang tepat, perawatan yang teratur dan dedikasi memberi Anda kesempatan terbaik untuk menghasilkan kebun yang indah dan subur, yang menjanjikan sayur-mayur segar di masa mendatang. Hal yang sama berlaku pada bisnis Anda. Dengan mengikuti tahap-tahap khusus, layaknya merawat kebun, Anda bisa meraih sukses.
Mempelajari bagaimana bisnis orang lain berkembang, memikirkan strategi marketing, melakukan pendekatan yang terorganisasi dan fokus pada pencapaian akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis dan menempatkan Anda di jalur yang benar menuju sukses yang Anda impikan. Berikut tahapan-tahapan yang dimaksud:
MEMPROSPEK
Untuk sebagian besar jasa dan produk, yang paling penting dilakukan pertama kali adalah menentukan prospek.
APA ITU PROSPEK?
Seseorang disebut prospek hanya jika mereka:
a. memiliki ketertarikan sejati pada jasa atau produk yang Anda.
b. merespon salah satu (produk atau jasa) yang Anda tawarkan.
c. mempunyai otoritas untuk membeli jasa/produk.
Setiap orang di luar itu adalah orang asing. Bukan prospek.
TARGET
Anda tidak bisa mencoba memasarkan (jasa atau produk) ke setiap orang. Kalau Anda nekad melakukannya, sama artinya Anda tidak memasarkan kepada siapa pun. Tentukan ceruk pasar dan fokus pada sasaran utama Anda. Bidik mereka dengan semua materi pemasaran Anda.
PENAWARAN
Untuk mendapatkan orang yang merespon pemasaran Anda, ciptakan penawaran yang memikat dan hadapkan itu ke depan sebanyak mungkin orang yang menjadi target Anda. Misalnya dengan membagikan contoh produk secara gratis. Penawaran terbaik umumnya adalah penawaran yang gratis.
UNGKAPKAN
Banyak sekali cara untuk mengungkapkan penawaran Anda. Anda bisa mencoba cara tradisional surat langsung, pernyataan pers, jaringan, iklan. Atau, gunakan internet, bergabung dengan forum-forum diskusi <i>online</I>, dan mendaftar pada mesin pencari. Apapun pilihan Anda, jadwalkan semua itu dengan rapi.
TINDAK LANJUT
Sekali Anda menentukan prospek, penting bagi Anda untuk mendata informasi kontak mereka (nama, alamat email, dll) dalam sebuah <I>database</I> yang rapi. Mengapa ini penting? Karena menindaklanjuti adalah kunci suskes dalam marketing. Sekali Anda memiliki informasi kontak, Anda dapat melanjutkan penawaran yang memikat atas produk/jada Anda (misalnya dengan memberi diskon, program khusus "beli dua dapat satu", dll).
PRODUK/JASA TUNGGAL
Pilihlah satu poduk atau jasa untuk dipasarkan dalam satu waktu. Bisa saja Anda memiliki lebih dari satu produk, tapi ketika melakukan penawaran, sebaiknya fokuskan pada satu produk dalam satu waktu.
JAMINAN
Anda harus memberi jaminan pada produk atau jasa Anda. Jika Anda bisa memastikan diri Anda ada di belakang produk atau jasa Anda, maka kepercayaan dari orang otomatis akan datang.