Benarkah Tidak Ada Yang Namanya Keberuntungan?

Mungkin Anda kerap kali mendengar orang lain berkata, “Saya sedang beruntung.” Atau mungkin Anda sendiri yang menyatakan hal tersebut. Tahukah Anda bahwa tidak ada yang namanya keberuntungan. Setidaknya itu menurut Jason Zook,  founder dari IWearYourShirt.com, yang menyatakan bahwa ia tidak pernah percaya dengan keberuntungan. “Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup bila ditelusuri lebih lanjut, semuanya membutuhkan usaha,” ungkap Zook.

Zook memberi contoh misalnya ketika seseorang mulai membangun bisnis. Ketika suatu bisnis mulai dikenal oleh banyak orang, bukan berarti mereka yang membangun bisnis tersebut beruntung. Bisnis tersebut bisa dikenal oleh banyak orang dengan perencanaan, persiapan, koordinasi dan kesuksesan ataupun kegagalan sebelumnya. Bukan karena keberuntungan, namun karena manajemen dan eksekusi yang baik.

Baca juga: Work life balance bisa tingkatkan keuntungan perusahaan

Contoh lainnya adalah para penulis buku terkenal seperti Seth Godin dan J.K. Rowling. Seth Godin sudah mengalami penolakan sebanyak 900 kali dari penerbit. Setelah 900 kali penolakan tersebut akhirnya Godin dapat menerbitkan bukunya. Apakah ini keberuntungan? Bukan. Godin merupakan seorang penulis yang selalu bekerja keras agar karyanya dapat dikenal orang banyak. Tanpa usaha keras yang dilakukan Godin, kita tidak akan dapat menikmati tulisannya dalam Tribes dan Linchpin. Lagi-lagi bukan karena keberuntungan.

Keberuntungan akan muncul setelah segala kerja keras sudah dicurahkan dan biasanya, akan dikemukakan oleh mereka yang hampir kehilangan harapan. Zook meyakini bahwa keberuntungan akan datang setelah usaha keras yang dilakukan. Zook kemudian mendefinisikan keberuntungan sebagai recognition of hard work, atau pengakuan dari kerja keras yang dilakukan.

Lalu, pelajaran apa yang bisa diambil dari pemaparan Zook? Artinya Anda tidak hanya bisa sekedar duduk manis menunggu keberuntungan datang. Namun untuk mendapatkan keberuntungan Anda membutuhkan kerja keras, kesabaran dan ketekunan sampai akhirnya mendapatkan apa yang Anda inginkan. Jadi, apakah Anda masih percaya keberuntungan?

Baca juga: Lakukan 13 Hal ini jika ingin beruntung

Tags: