Benarkah Naik Turun Tangga Bisa Membuat Otak Awet Muda?

ladder-1241122_640

Jika Anda terbiasa menggunakan lift setiap harinya, cobalah mengunakan tangga. Selain bisa menjadi pengganti olah raga, naik turun tangga ternyata bisa mempermuda usia otak Anda sampai enam bulan setiap anak tangganya. Hal ini diungkapkan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jason Steffener dan rekan-rekannya.

ladder-1241122_640

(Image: Pixabay)

Dr. Jason Steffener dan rekan-rekannya melihat 331 otak orang dewasa, terutama pada area abu-abu (gray matter) yang dikaitkan dengan tingkat pendidikan dan kebiasaan olahraga. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neurobiology of Aging ini mengungkapkan bahwa tingkat pendidikan dan aktivitas fisik mempengaruhi usia fisiologis dan kronologis otak. Selain itu orang-orang juga bisa melakukan sesuatu untuk membuat otak mereka tetap awet muda. Dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan berolahraga dan belajar.

Baca juga: Bekerja Sambil Berdiri ala Virgin Media

Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk sekolah, maka akan semakin muda usia otak seseorang. Setiap tahun yang dihabiskan untuk belajar akan mempermuda usia otak satu tahun. Begitupula dengan berolahraga. Hanya dengan naik turun tangga, Anda bisa mempermuda usia otak Anda hingga enam bulan per anak tangganya.

Menurut Dr. Jason Steffener, kampanye ‘take the stairs’ memang sudah dilakukan di lingkungan perkantoran dan tempat transportasi publik. “Namun kampanye ini harus lebih digalakkan dan lebih menyasar orang yang lebih dewasa, sehingga mereka dapat berusaha untuk membuat otak mereka lebih awet muda,” ungkap Dr. Jason Steffener.

Baca juga: Awas! Kurang Tidur Bisa Turunkan Fungsi Otak

Pilihan olah raga yang bisa Anda lakukan memang tidak hanya naik turun tangga. Berlari sejauh 5 mil atau bersepeda juga bisa menjadi pilihan Anda. Intinya, Anda harus banyak bergerak agar otak Anda tetap awet muda. Selalu ingat bahwa otak Anda pun perlu dijaga kesehatannya, salah satunya dengan membuatnya tetap awet muda. (*)