Belajar Networking dari Si Introvert

Networking yang baik dapat membuat Anda mengarahkan pada urusan bisnis lebih lanjut, mengembangkan karir Anda dan mengembangkan diri Anda. Banyak orang berpikir bahwa mereka yang ekstrovert akan dapat membuat networking lebih baik. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya mereka yang introvert-lah yang memiliki keuntungan lebih besar dalam membuat networking.

Perbedaan yang cukup mencolok antara mereka yang introvert dan ekstrovert adalah, reaksi mereka dan kelekatan mereka dengan orang lain. Berada di antara orang banyak dapat membuat orang ekstrovert bersemangat, di sisi lain orang introvert lebih membutuhkan waktu sendirian untuk membuatnya bersemangat.

Berikut beberapa alasan mengapa para introvert lebih pandai membentuk networking, sekaligus adalah tips bagi para ekstrovert untuk meningkatkan keahlian networking-nya.

Baca juga: Ke Depan, Dunia akan Dikendalikan Para Introvert

1. Mereka Cukup Selektif dalam Memilih Siapa yang Akan Diajak Berbicara

Meskipun Anda dapat mempelajari sesuatu dari semua orang yang Anda temui, bukan berarti Anda harus berbincang dengan semua orang. Mereka yang introvert memang tidak berteman dengan cepat, namun mereka lebih menghabiskan banyak waktu mengobservasi orang-orang di sekitar mereka. Jika mereka hendak berbincang dengan orang lain, biasanya ia sudah mengetahui bahwa apa yang akan disampaikan oleh orang tersebut akan bermanfaat bagi dirinya.

2. Mereka Memikirkan Dengan Matang Apa yang Mereka Ucapkan

Mereka yang introvert biasanya tidak hanya sekedar ‘ngomong.’ Mereka memang biasanya sedikit bermasalah dalam menyampaikan apa yang ada dalam pikiran mereka. Namun sekali mereka berbicara, akan cukup dalam dan memiliki tujuan tertentu. Karena mereka agak lambat dalam menyampaikan sesuatu, sebenarnya mereka sedang menghabiskan waktu untuk memformulasikan pendapat yang mereka sampaikan. Jadi ketika mereka berbicara, kecerdasan dan keahlian mereka terlihat dan membuat orang lain tertarik dengan mereka.

3. Mereka Tidak Basa-basi

Dalam menjalin networking, waktu adalah suatu hal yang berharga. Banyak orang berasumsi bahwa orang introvert terlalu menghabiskan waktu untuk merasa canggung dan malu. Namun hal ini sama sekali tidak benar. Mereka hanya sangat menghargai waktu dan diri Anda. Mereka merasa bahwa percakapan yang panjang menguras energi mereka, sehingga mereka secara to the point menyampaikan apa yang ingin mereka sampaikan

4. Mereka Memberikan Waktu Bagi Lawan Bicaranya

Mereka yang introvert cukup nyaman dengan diam saja. Mereka biasanya membiarkan orang lain menyampaikan apa yang ingin disampaikan sampai selesai dan mendengarkannya dengan baik. Melalui hal ini, orang introvert dapat membuat lawan bicaranya lebih merasa dihargai.

5. Mereka Akan Menghubungi Kembali

Mereka yang ekstrovert biasanya akan berbincang dengan banyak orang dan bertukar kartu nama dengan banyak orang pula. Namun ketika mereka sampai rumah, mereka malah lebih fokus pada event networking berikutnya dan melupakan orang-orang yang tadi diajaknya berbincang. Lain lagi dengan orang introvert. Mereka yang introvert akan menghubungi kembali orang-orang yang menurut mereka berharga dan perlu untuk dihubungi. Ketika mereka memilih untuk terikat dengan seseorang, maka mereka akan benar-benar mendekati orang tersebut dengan tulus.

Baca juga: Perbaikilah Kepribadian Anda, dan Anda Akan Sukses

Tags: , ,