Awas! Terlalu Lama ‘Nempel’ Gadget Bikin Tidak Percaya Diri

iphone-5s-photopack-cafe-part-1114403_640

Terlalu lama ‘nempel’ dengan smartphone ataupun gadget dapat memberikan banyak dampak buruk bagi seseorang. Mulai dari kurangnya waktu otak untuk beristirahat sampai memperburuk relasi dengan orang sekitar. Namun tahukah Anda bahwa terlalu ‘nempel’ dengan smartphone ataupun gadget ternyata bisa menghancurkan karir Anda. Bagaimana bisa?

iphone-5s-photopack-cafe-part-1114403_640

Terlalu ‘nempel’ dengan smartphone atau gadget yang dimaksud di sini bukan terlalu asyik sibuk dengan gadget saat meeting. Namun karena postur tubuh yang memburuk karena terlalu sering menatap gadget. Bayangkan, berapa lama Anda menunduk setiap harinya saat menggunakan gadget? Pasti berjam-jam lamanya.

Terlalu sering menatap gadget di tangan, pangkuan, ataupun di sebelah monitor Anda ternyata membuat punggung seseorang menjadi bungkuk dan leher seseorang menjadi pegal. Pegalnya leher seseorang karena menggunakan gadget disebabkan karena leher menerima beban yang cukup berat.

Menurut Vivian Giang dalam artikelnya yang berjudul, “The Surprising Link Between Your iPhone Use and How Assertive You Are,” jika leher seseorang melengkung pada sudut 60 derajat artinya leher menerima beban sebesar 60 pounds atau sekitar 27 kilogram. Bayangkan berapa lama Anda menahan beban seberat 27 kilogram setiap harinya. Membayangkannya saja sudah cukup membuat pegal.

Baca juga: 3 Keuntungan Menjauhkan Diri dari Ponsel ataupun Gadget

Postur tubuh yang buruk tidak hanya berdampak pada fisik saja, namun juga pada psikologis seseorang. Postur tubuh yang buruk akan memberikan dampak pada hormon yang merefleksikan rasa percaya diri. Terlalu asyik dengan smartphone ataupun gadget dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri mereka.

Hal ini diungkapkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Amy Cuddy, psikolog dan juga penulis di TED. Berdasarkan hasil penelitian Cuddy, semakin kecil gadget yang dipergunakan maka semakin sulit seseorang melepaskan diri dari gadget tersebut. Namun bukan berarti duduk menatap monitor pun membuat orang lebih mudah melepaskan diri.

Untuk melepaskan diri dari smartphone ataupun gadget sepertinya memang bukan hal yang mudah. Hal ini dikarenakan setiap orang menggunakannya dalam setiap kesempatan. Saat menunggu makanan matang di microwave, mengantri untuk mendapatkan kopi favorit, bahkan sampai menunggu meeting mulai.

Baca juga: 9 Tips Ini Akan Kurangi Kecanduan Akan Smartphone

Padahal saat-saat itulah yang bisa Anda manfaatkan untuk berbincang dengan orang lain. Terlalu melekat dengan smartphone ataupun gadget membuat Anda kehilangan kepercayaan diri untuk berhadapan dengan orang lain secara langsung.

Mulai saat ini angkatlah kepala Anda dan jauhkah gadget Anda. Daripada mengirim email untuk bertanya bagaimana progress pekerjaan yang dilakukan rekan Anda, akan lebih baik jika Anda bangun dan mendekatinya. Selain Anda membuat diri Anda lebih sehat, karena mengurangi waktu duduk Anda, Anda juga bisa menyegarkan pikiran melalui perbincangan Anda dengan rekan kerja Anda. (*)