Awas, ‘Ngemil’ Tengah Malam Bikin Cepat Lupa

popcorn-731053_640

Apakah Anda suka ‘ngemil’ tengah malam? Jika jawabannya ya, maka mulai sekarang Anda harus mulai menghentikannya. Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh University of California Los Angeles, waktu makan ternyata dapat mempengaruhi ritme biologis dan perilaku. Chris Colwell, selaku neuroscientist dan professor di School of Medicine UCLA, melakukan studi mengenai hal tersebut.

popcorn-731053_640

Colwell dan timnya menemukan bahwa makan pada tengah malam ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi ritme biologis tubuh dan fungsi kognitif. Konsentrasi, perilaku belajar dan daya ingat adalah contohnya. Para peneliti ini melakukan percobaan pada nocturnal mice dengan jadwal pemberian makan selama dua minggu. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah pola makannya sesuai dengan siklus sirkadian alami hewan ataukah tidak.

Melalui beberapa pengujian, para peneliti melihat apakah tikus-tikus tersebut mampu mengidentifikasi objek baru yang diberikan dalam lingkungan mereka dan dipasangkan dengan bunyi yang memberikan efek kejutan. Hasilnya tikus yang diberikan makanan pada saat malam hari ternyata kesulitan untuk melakukannya dibandingkan tikus yang diberikan makanan pada jadwal yang normal.

Hasil ini juga sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Boston’s Birmingham and Woman’s Hospital. Para peneliti ini menemukan bahwa penggunaan tablet atau e-reader dapat memperlambat siklus tidur REM (rapid eye movement) dan menurunkan kewaspadaan pada keesokan harinya. Menurut para peneliti di UCLA, lampu artifisial dan cahaya yang dipancarkan oleh alat elektronik seperti tablet dapat memperpanjang waktu Anda untuk bekerja sehingga menunda-nunda makan dan pada akhirnya baru mengkonsumsi sesuatu ketika saatnya akan tidur.

Membayar tidur pada saat akhir minggu tidak akan membuat Anda benar-benar merasa terjaga. Sama halnya dengan pola makan Anda. Menunda makan dan membayarnya di luar jam makan yang seharusnya, tidak akan membuat Anda merasa kenyang juga. Maka dari itu mulai saat ini, jika Anda ingin konsentrasi dan daya ingat Anda terjaga, hindarilah untuk ‘ngemil’ pada tengah malam dan tidurlah tepat waktu. (*)