9 Tips Kurangi Kecanduan Smartphone

Too Much of a Good Thing Are You Addicted to Your Smartphone

Merasa tidak bisa terlepas dari smartphone? Gawat, jangan-jangan itu tanda Anda sudah kecanduan dengan smartphone. Kecanduan smartphone menjadi latar belakang James Robert, Ph. D., selaku professor di Baylor University untuk menulis buku yang berjudul “Too Much of a Good Thing: Are You Addicted to Your Smartphone?

Too Much of a Good Thing Are You Addicted to Your Smartphone

Buku tersebut membahas mengenai kecanduan smartphone, etika dan dampak teknologi terhadap kehidupan sosial. Selain itu Roberts juga memberikan tips bagaimana mengurangi kecanduan smartphone yang dirangkum dalam poin-poin berikut ini.

1. Tidak menggunakan smartphone ketika menyetir

Selain membahayakan diri sendiri, menggunakan smartphone ketika menyetir juga membahayakan pengguna jalan lainnya. Hindari juga menggunakan hands-free devices dan berharap Anda bisa menerima panggilan sambil menyetir. Perlu Anda ingat bahwa tidak ada multitasking yang efisien.

2. Tetapkan waktu dan lokasi bebas penggunaan smartphone

Ruang tidur dan meja makan merupakan salah satu contoh lokasi bebas smartphone. Nikmati waktu bersama pasangan dan keluarga tanpa harus terinterupsi dengan bunyi smartphone. Tetapkan juga kapan saja waktu bebas menggunakan smartphone, misalnya ketika bangun tidur ataupun sebelum tidur.

blogger-336371_640

(Sumber image: pixabaycom)

3. Lawan teknologi dengan teknologi

Terdapat banyak aplikasi yang bisa membantu Anda memonitor dan mengontrol penggunaan smartphone Anda. Menghabiskan terlalu banyak waktu cuci mata di eBay? Ada aplikasi untuk mengingatkan Anda. Cobalah gunakan aplikasi tersebut untuk mengontrol waktu Anda dalam menggunakan smartphone.

Baca juga: 3 Benefit Jauhkan Diri dari Ponsel

4. Hindari menggunakan smartphone di toilet

Toilet merupakan sumber bakteri dan kuman. Smartphone Anda pun bisa tertempel bakteri dan kuman juga. Tinggalkan smartphone Anda di meja kerja untuk menghindari kuman dan bakteri yang menempel di smartphone Anda.

5. Manfaatkan fitur Airplane Mode

Airplane mode tak hanya bisa Anda pergunakan saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Namun juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Fitur airplane mode membuat merasa aman dengan adanya smartphone di dekat Anda namun juga membuat tetap fokus dalam bekerja tanpa gangguan notifikasi dari smartphone.

6. Disiplinkan diri Anda

Buatlah kontrak dengan diri Anda sendiri. Misalnya tidak mengggunakan smartphone di meja makan. Jika Anda melanggarnya tentukan hukuman bagi diri Anda sendiri.

7. Tidak menggunakan smartphone sebagai alarm

Tidak ada jaminan Anda tidak akan mengecek smartphone setelah Anda mematikan alarm. Buatlah peraturan bahwa tidak boleh menggunakan smartphone sampai Anda selesai mandi dan sarapan.

Baca juga: Skill Karyawan Tetap yang Utama, Bukan Gadget!

8. Balik lagi ke fungsi dasar telepon selular

Sebenarnya fungsi utama smartphone adalah mengirimkan pesan singkat dan membuat panggilan. Fitur canggih lainnya adalah untuk membantu, bukan sebagai fungsi utama. Setidaknya mengingat fungsi utama telepon selular akan membuat Anda mengurangi penggunaan fungsi penunjangnya.

9. Berkomitmen untuk melakukannya

Semua tips di atas tidak akan berguna jika Anda tidak memiliki komitmen dengan diri Anda sendiri untuk melakukannya. Disiplinkan diri Anda dan yakinkan diri Anda bahwa Anda akan tetap hidup meskipun tanpa smartphone untuk beberapa menit ataupun beberapa jam. (*)