8 Cara untuk Tingkatkan Fungsi Otak

coffee-563797_640

Mulai dari mengumpulkan ide, menghitung biaya-biaya sampai memecahkan permasalahan, merupakan situasi-situasi di mana fungsi kognitif otak Anda bekerja. Fungsi kognitif otak dapat bekerja lebih baik, lebih cepat dan lebih berkembang jika terus dilatih.

Berita baiknya, ternyata terdapat beberapa cara untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. Thomas Smale, salah satu kontributor Entrepreneurcom membagi beberapa tipsnya bagi Anda. Simak pemaparannya berikut ini.

1. Berolahraga

Semua orang pasti tahu bahwa olahraga rutin adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun kesibukan membuat banyak orang mengesampingkan aktivitas ini. Padahal berolahraga tidak hanya sekedar menyehatkan badan, namun juga menyehatkan otak.

Rajin berolahraga dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah otak mengalami penurunan fungsinya. Setelah mengetahui manfaat lain dari olahraga, masih ingin menundanya?

coffee-563797_640

2. Minum kopi

Kafein, seperti yang sudah Anda ketahui, membantu seseorang untuk tetap terjaga. Selain itu kafein juga membantu untuk tetap fokus dalam mengerjakan tugas yang bersifat pengulangan. Kafein juga dapat meningkatkan waktu reaksi dan penalaran seseorang.

Namun perlu Anda ingat, bahwa efek kafein tidaklah berlangsung lama. Setidaknya manfaatkan efek kafein tersebut secara efisien sebelum menghilang.

3. Terpapar cahaya matahari

Terpapar cahaya matahari dan berolahraga biasanya dapat dilakukan bersamaan. Cahaya matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D yang dapat membuat seseorang menampilkan performa kerja yang lebih baik bahkan memperlambat penurunan fungsi otak.

Terlalu banyak berjemur di bawah cahaya matahari memang tidak baik untuk kulit, namun jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup maka hal tersebut berbahaya bagi otak Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk bisa terkena sinar matahari, setidaknya konsumsilah vitamin D secara rutin.

4. Berteman dengan banyak orang

Jika Anda merasa kesepian, hal ini akan berpengaruhi pada psikologis dan kemampuan kognitif Anda. Kualitas tidur yang buruk, tekanan darah yang meningkat, kecenderungan untuk depresi bahkan menurunkan well-being seseorang adalah dampak dari merasa kesepian. Bukalah diri Anda. Bangunlah pertemanan dengan orang-orang di sekitar Anda jika Anda ingin sehat secara psikologis dan mental untuk jangka waktu yang lebih lama.

5. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi stress. Namun tahukah Anda bahwa gangguan seperti Alzheimer dan demensia bisa dicegah dengan meditasi. Meditasi selama 10 sampai 15 menit setiap harinya dapat memperpanjang usia otak Anda dan juga menurunkan tingkat stress Anda.

6. Tidur cukup

Tidur memang memiliki banyak manfaat. Terutama untuk mempertajam daya ingat dan proses pembelajaran. Perlu Anda ingat bahwa semakin kurang Anda tidur, maka volume gray-matter di bagian frontal lobe Anda pun akan menurun.

Frontal lobe berperan dalam proses daya ingat. Singkatnya, jika Anda kurang tidur, maka otak Anda pun semakin mengecil volumenya. Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

7. Makan cukup

Nutrisi yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan otak Anda. Antioksidan, asam amino, dan vitamin E sangat dibutuhkan oleh otak. Kacang-kacangan, blueberries, gandum utuh dan alpukat adalah makanan yang kaya zat tersebut. Apa yang baik bagi tubuh Anda tentu saja baik pula untuk otak Anda.

8. Bermain tetris

Mungkin info ini sedikit mengejutkan, namun ternyata bermain tetris memiliki dampak positif bagi otak Anda. Bermain tetris dapat meningkatkan volume gray-matter pada otak Anda dalam waktu singkat.

Hal yang perlu Anda ketahui bahwa bermain tetris setelah mengalami kejadian traumatis ternyata dapat mencegah otak Anda mengingat kejadian tersebut. Install-lah permainan tetris pada gadget Anda. Namun harus ingat untuk tidak berlarut-larut dalam bermain dan lupa untuk bekerja. (*)