7 Tips Membuat Hari Libur Lebih Produktif

Bekerja dapat menghabiskan banyak waktu, mungkin Anda sudah mengetahuinya dengan sangat baik. Bahkan ketika Anda curi-curi untuk liburan sekalipun, Anda mungkin akan merasa tergoda untuk membuka e-mail dan membalasnya.

Perlu Anda ketahui bahwa berhenti sejenak dari rutinitas pekerjaan Anda, atau bisa dikatakan dengan break, merupakan hal yang penting. Melakukan break dari rutinitas Anda dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan, produktivitas dan kebahagiaan Anda.

Lalu jika Anda diberi waktu satu hati untuk beristirahat sejenak, apa yang akan Anda lakukan? TheMuse.com telah mengumpulkan beberapa pendapat untuk membuat waktu day off sehari Anda lebih bermanfaat.

Baca juga: Merasa Liburan Kurang? Hijrahlah ke China atau Mesir

1. Pertama-tama, berilah waktu bagi diri Anda untuk ‘me time,’ meskipun artinya Anda tidak melakukan apa-apa. Mungkin hal ini akan membutuhkan waktu, namun perlu Anda pahami bahwa me time adalah hal penting yang harus Anda prioritaskan (Lifehacker).

2. Berhati-hatilah dengan perasaan bersalah karena tidak membalas e-mail klien Anda. Sekali Anda mengambil day off, pastikanlah Anda menikmati setiap waktunya yang berharga. Buanglah perasaan bersalah tersebut dan nikmatilah ­day off Anda (CNN).

3. Cobalah memilih hari secara acak untuk day off ketika orang lain sedang tidak banyak yang libur (Huffington Post).

4. Habiskan waktu bersama keluarga dan teman, dimana menghabiskan waktu dengan mereka biasanya Anda lakukan selama akhir minggu. Hal ini akan membuat tenaga Anda lebih terbarui  (LinkedIn).

5. Jadilah tidak produktif selama satu hari: tontonlah film, pergi ke toko buku, main video games bersama anak, tidur siang yang lama, ataupun menonton serial tv yang selama ini Anda lewatkan (Apartment Therapy).

6. Anda bisa memulai mengerjakan hal yang selama ini tidak tersampaikan untuk dikerjakan. Misalnya membuat kue, membersihkan kebun dan sebagainya. Sehingga day off Anda pun akan lebih produktif (You Set the Pace).

7. Jadwalkan day off ekstra pada hari Jumat ataupun Senin, sehingga Anda bisa memperpanjang weekend gateway Anda bersama keluarga ataupun teman-teman (Virtuoso).

Baca juga: Jangan Biarkan Karyawan Anda Melewatkan Liburannya

Tags: , ,