7 Tips Memberikan Kesan Pertama yang Baik

“We judge books by their covers, and we can’t help but do it.”

Nicholas Rule

Kesan pertama tidak hanya akan memberikan penilaian namun memprediksi bagaimana sebenarnya orang tersebut. Menurut studi yang dilakukan Princeton, hal ini dapat terjadi hanya dengan 100 miliseconds. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat kesan pertama yang baik? Inc memberikan beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Perhatikan penampilan Anda

Terlihat rapi, profesional dan tidak berlebihan, merupakan salah satu cara untuk membuat kesan pertama yang baik. Suka atau tidak, penampilan adalah hal yang dilihat pertama kali. “Penampilan adalah hal yang pertama yang kami lihat dan hal ini yang selalu kami lakukan,” ungkap Sylvia Ann Hewlett, penulis Executive Presence pada Business Insider.

Baca juga: Membuat Kesan Pertama Bertahan Lama

2. Tetapkan tujuan

Sebenarnya apa yang Anda inginkan ketika bertemu dengan orang baru? Pikirkanlah hal ini sejenak sebelum Anda mendatangi suatu event yang dihadiri orang banyak dan siapa yang Anda harapkan untuk bertemu. “Salah satu hal penting untuk membuat kesan pertama yang baik adalah menetapkan tujuan,” ungkap Vanessa Van Petten, CEO Science of People Forbes. “Setelah Anda bersiap, pikirkan mengenai orang seperti apa yang ingin Anda temui dan interaksi seperti apa yang akan Anda lakukan. Hal ini dapat menjadi landasan bagi Anda untuk fokus pada apa yang Anda inginkan,” tambah Vanessa.

3. Biarkan orang lain memulai duluan

Salah satu cara untuk membuat orang lain mempercayai Anda adalah dengan membiarkan mereka berbicara duluan. Hal ini dapat membuat lawan bicara Anda merasa nyaman dan merasa Anda ingin paham atas apa yang mereka sampaikan. Buanglah jauh-jauh pikiran bahwa jika Anda tidak berbicara duluan maka Anda akan dikira tidak niat.

4. Perhatikan kontak mata

Berdasarkan tulisan dalam blog British Psychological Society Research Digest, diketahui bahwa mereka yang melakukan kontak mata lebih sering akan terlihat lebih cerdas. Namun Anda perlu berhati-hati dalam melakukan kontak mata, jika Anda terlalu mengunci mata pada lawan bicara Anda, maka mungkin Anda akan dikira psikopat.

5. Perhatikan kecepatan bicara Anda

Kecepatan berbicara dapat menentukan apakah seseorang kompeten ataukah tidak. Hal ini dikemukakan oleh BPS. Dalam studi ini, BPS meminta partisipan untuk mendengarkan rekaman dengan kecepatan berbicara yang berbeda-beda. Lalu ditemukan bahwa rekaman dengan kecepatan bicara yang pelan dipersepsikan partisipan kurang jujur, kurang lancar dan kurang persuasif. Selain itu ditemukan pula bahwa orang yang kerap kali mengatakan ‘mmmm…’ dan ‘eeeee…’ diasumsikan bahwa mereka tidak yakin betul atas apa yang mereka sampaikan.

6. Tunjukkan diri Anda yang sebenarnya

Mungkin Anda berpikir bahwa salah satu cara untuk memberikan kesan pertama yang baik adalah dengan terlihat serapi dan sesempurna mungkin. Namun menurut para ahli, menunjukan sisi lain dari diri Anda ternyata dapat pula memberikan kesan pertama yang baik. Berdasarkan pengalaman Lucila McElroy, founder dari WeAreMomentum.com, ia mendapatkan pengalaman luar biasa dengan menunjukan sisi lain dirinya yang jujur, terbuka dan apa adanya.

7. Lakukan secara langsung

Berdasarkan riset yang dilakukan University of British Columbia, kesan pertama akan dapat ditangkap secara berbeda antara bertemu langsung maupun via online atau video. Berdasarkan studi dengan partisipan lebih dari 1.000 orang, ditemukan bahwa kesan yang ditangkap melalui video maupun secara langsung, mengarah pada kepribadian seseorang. Video yang cenderung pasif, akan dipersepsikan negatif jika dibandingkan dengan bertemu langsung, menurut Huffington Post.

Baca juga: Jangan Hanya Kesan Pertama, Tetapi yang Bertahan Lama

Tags: