7 Tanda Seorang Kandidat Berbohong

Mungkin Anda kerap kali bertanya-tanya, apakah kandidat yang sedang Anda wawancara saat ini berkata jujur ataukah tidak. Jika pertanyaan tersebut kerap kali terulang di benak Anda, mungkin Anda bisa mulai membaca buku karya Dr. Lillian Glass.

Dr. Lillian Glass merupakan seorang analisis perilaku yang bekerja di FBI. Glass memiliki tanggung jawab untuk melihat body language seseorang. Glass menulis buku berjudul The Body Language of Liars dan memberikan pemaparan tanda-tanda perilaku seperti apa yang akan ditampilkan oleh mereka yang tidak berkata jujur. Berikut pemaparannya seperti yang dikutip dari HRMorning.com:

1. Menyeret kaki

Ketika seseorang menyeret kakinya, itu merupakan salah satu tanda bahwa ia sedang gugup atau merasa tidak nyaman dan ingin pergi dari situasi tersebut. Ini merupakan salah satu tanda yang dapat mudah terlihat, menurut Glass.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui apakah Seseorang Berbohong

2. Mengubah Posisi Kepala Secara Tiba-tiba

Jika Anda bertanya pada calon karyawan Anda dan ia mengubah posisi kepalanya, maka sudah dapat dipastikan jawaban yang akan diberikannya tidak jujur. Menurut Glass dalam bukunya, mereka yang posisi kepalanya agak tersentak ke belakang, agak menunduk atau miring ke kiri atau ke kanan, akan melakukan hal tersebut sebelum mengutarakan kebohongan.

3. Meletakkan Tangan di Sekitar Mulut

Ketika seseorang tidak ingin menjawab suatu pertanyaan, tanpa ia sadari ia akan meletakkan tangannya di sekitar mulutnya. Ini artinya mereka sedang mencoba untuk menutup komunikasi mereka.

4. Bernapas Lebih Berat Dibandingkan Biasanya

Ketika seseorang berkata tidak jujur, maka detak jantung dan aliran darah akan berubah. Hal ini menyebabkan seseorang akan membutuhkan udara lebih banyak sehingga mereka benapas lebih berat dibandingkan biasanya.

5. Menutupi Salah Satu Bagian Tubuh

Menurut Glass dalam bukunya, mereka yang berkata tidak jujur tanpa mereka sadari akan menutupi leher mereka dengan tangan mereka. Bagian tubuh lain yang memungkinkan untuk ditutupi yaitu kepala, dada, ataupun perut.

6. Berkedip Secara Berlebihan

Mereka yang berkata tidak jujur biasanya kerap kali berkata, “tatap mata saya.” Hal ini menyebabkan Anda menatap mata mereka untuk membuat Anda mempercayai perkataannya. Namun tanpa mereka sadari, mereka akan berkedip secara berlebihan sehingga akan melunturkan kepercayaan Anda.

7. Terlalu Sering Menunjuk-nunjuk

Jika calon karyawan Anda sering menunjuk-menunjuk, maka ia memiliki kemungkinan untuk berkata tidak jujur. Mereka yang tidak berkata jujur memiliki kecenderungan untuk mencari-cari masalah, dan ketika mereka merasa tertekan, maka mereka akan terlalu sering menunjuk-nunjuk untuk memberikan kesan bahwa mereka mencari-cari masalah.

Baca juga: Pencari Kerja Bohong, Pertanyaan Wawancara Terlalu Pribadi

Tags: , , ,