7 Rahasia Orang Super Produktif

Menjadi produktif adalah dambaan setiap orang. Namun, seringnya keinginan kita untuk menjadi produktif hanya sampai pada tahap “cita-cita” yang tak pernah terealisasi. Katherine Evers, seorang trainer dari Popsugar Smart Living dalam dailyworth.com menuliskan beberapa tips penting untuk menjadi orang yang produktif, berikut ini:

1. Mereka membuat to-do list

Hampir semua orang yang produktif mengatakan bahwa mereka memiliki to-do list atau daftar kegiatan yang harus diselesaikan. Mengapa to-do list begitu penting? Alasannya adalah karena to-do list ini akan membantu kita mengatur hari-hari kita, membuat segalanya lebih terorganisir karena kita tahu apa yang harus kita kerjakan. Satu tips dalam memilih to-do list tool adalah gunakan template yang paling pas dan mudah Anda ikuti, bisa berupa aplikasi elektronik atau yang tradisional seperti notebook. Jika Anda memakai aplikasi, pastikan bahwa aplikasi tersebut kompatibel dengan semua device yang Anda sering bawa dan sinkronisasikan. Apabila menggunakan notebook, jangan lupa untuk membawanya ke manapun Anda pergi.

2. Mereka Realistis

Orang yang produktif , ketika menuliskan kegiatan yang harus dilakukan juga memikirkan apakah hal itu realistis atau tidak. Dengan begitu, kecenderungannya adalah mereka menuliskan hal-hal kecil yang feasible untuk dilakukan. Misalnya saja, daripada menulis vacation, mereka lebih suka menulis, “Menelpon agensi travel jam 10 pagi”. Atau, ketimbang menulis “menyiapkan materi rapat”, mereka akan menulis “menyelesaikan slide presentasi”.

Baca juga: 5 langkah membuat pagi kita lebih produktif

3. Mereka menjalani hari-hari mereka dengan sebuah rencana

Setiap mebuka mata di pagi hari, orang-orang yang produktif sudah tahu apa yang akan mereka lakukan pada hari itu. Itulah mengapa, to-do list mempunyai peranan yang sangat krusial di sini. Bantuan seperti kalender di ponsel akan sangat berarti karena membuat hari-hari kita lebih terorganisir dan membuat pikiran kita lebih clear ketika akan melakukan sesuatu. Jika kita tahu apa yang rencana kita keesokan harinya, kemungkinan kita untuk merealisasikan rencana tersebut akan lebih besar.

4. Mereka Fleksibel

Meskipun seorang yang produktif adalah seorang perencana yang baik, tetapi mereka juga fleksibel. Dalam artian, mereka tidak akan panik jika sewaktu-waktu rencana mereka harus berubah karena ada sesuatu yang  mendesak dan tak diharapkan terjadi. Untuk menyiasati hal itu dalam to-do list, tulislah to do list tersebut dengan pensil sehingga dapat diubah sewaktu-waktu.

5. Mereka tahu kapan harus mengambil break (istirahat)

Menjadi seorang yang produktif bukan berarti kita harus duduk seharian di depan komputer. Mengapa demikian? Karena adakalanya kita akan menjadi semakin fokus setalah mengambil jeda kerja atau break. Orang yang produktif seringnya tahu kapan ia harus memutuskan untuk istirahat atau lanjut bekerja. Pengisi waktu istirahat ini bisa bermacam-macam, akan tetapi lebih disarankan bagi kita untuk berjalan-jalan sebentar ke luar kantor.

6. Mereka menetapkan tujuan akhir (goal)

Hidup adalah tentang goal atau sesuatu yang ingin kita raih. Orang yang produktif sangat piawai dalam menyusun goal ini. Untuk menjaga fokus kita, biasanya goal yang besar perlu diawali dengan latihan terlebih dahulu, yakni dengan menetapkan goal harian yang lebih kecil. Jika kita berhasil meraih target tersebut, ada baiknya kita memberikan reward pada diri sendiri. Misalnya satu porsi es krim untuk goal yang kecil atau hadiah yang lebih mewah untuk pencapaian goal yang lebih besar.

7. Mereka melakukan refleksi

Sementara orang-oran produktif ini mampu bekerja secara efisien, mereka tetap bisa menyisihkan waktu untuk merenung atau melakukan refleksi. Intinya, mereka melakukan evaluasi terhadap performa mereka dalam seminggu yang telah berjalan. Mereka melakukan penilaian, rencana apa yang berjalan baik dan mana yang perlu diperbaiki? Bisa juga mereka menganalisis aktivitas-aktivitas apa saja yang buang-buang waktu dan tidak produktif, kemudian mencoretnya dari daftar to-do list di minggu selanjutnya.

Baca juga: 7 tips membuat hari libur lebih produktif

Tags: ,