7 Pertanyaan Bagi Diri Sendiri Saat Hari Berakhir

Setiap hari, hampir selalu ada pertanyaan-pertanyaan yang kita sampaikan kepada orang lain, baik itu keluarga maupun rekan kerja. Namun, kadang kita lupa untuk memberi pertanyaan kepada diri sendiri.

Padahal, jika kita terus-menerus bertanya pada orang lain tentang apapun, lama kelamaan kita akan melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain. Berikut adalah 7 pertanyaan yang perlu ditanyakan kepada diri sendiri, yang dapat membantu kita meraih hari esok yang lebih baik daripada hari sebelumnya:

1. Apa yang sudah saya pelajari hari ini?

Hanya karena kita sudah berhenti bersekolah formal, bukan berarti kita harus berhenti mempelajari pengetahuan-pengetahuan baru di dunia ini. Bahkan, sebuah riset mengatakan bahwa proses belajar yang berkelanjutan seiring kita tumbuh dewasa memberikan efek yang baik bagi kesejahteraan kita. Tidak selalu harus belajar hal besar, bisa saja tentang kosakata baru pada bahasa yang berbeda atau tentang bagaimana cara menggunakan mesin foto kopi. Intinya, setiap hari berakhir, kita mendapatkan pengetahuan tentang hal baru.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Sepele ini Agar tak Terlambat Kerja

2. Bagaimana perasaan saya hari ini?

Kesehatan mental adalah sesuatu yang wajib kita prioritaskan. Karena bagaimanapun juga, kesehatan mental tak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik itu sendiri. Untuk itulah, emosi adalah sesuatu yang pantas kita jaga. John F. Greden, Direktur bidang Pusat Depresi Komprehensif Universitas Michigan, kepada Huffington.com menyatakan, “sayangnya, paramedis masih memisahkan antara kesehatan mental dengan kesehatan fisik. Padahal sebetulnya keduanya bekerja secara tandem”. Setiap orang perlu mendapatkan kedamaian perasaan dan jika hal itu tidak diperoleh, maka terpengaruhlah perilakunya.

3. Bagaimana perasaan orang lain di sekitar saya?

Perilaku kita terhadap orang adalah cerminan dari siapa diri kita sebenarnya. Untuk itulah, dekati orang-orang di sekitar Anda dengan ketulusan, ramah dan tidak segan memberi bantuan. Sebuah riset bahkan menyatakan bahwa berbuat baik tidak hanya akan memberikan manfaat bagi orang lain tetapi juga meningkatkan kebhaagiaan diri sendiri.

4. Apa yang dapat Saya lakukan untuk membuat hari esok lebih baik?

Di dunia ini, kita tentu tahu bahwa tidak ada satu manusia pun yang sempurna. Kesalahan dari mulai hal kecil hingga besar tidak dapat terhindarkan. Hal ini tentunya memberi kita pelajaran untuk bisa bersahabat dengan kegagalan dan tidak ragu untuk memasang target masa depan. Seperti kata Mike Liguori, seorang penulis buku, bahwa, “Kegagalan itu memberi kejelasan. Ketika hal buruk terjadi, biasanya kita akan langsung putus asa, menyalahkan situasi dan merasa kacau. Kegagalan memberikan kita kesempatan untuk mengevaluasi dan melihat kurang dan lebihnya upaya yang telah kita lakukan. Lama kelamaan, kita akan mengidentifikasi kesalahan kita dan mengerjakan dengan cara lebih baik ke depannya”.

5. Apa yang bisa Saya syukuri hari ini?

Rasa syukur bukan hanya sebatas sesuatu yang samar atau konsep spiritual yang hanya akan terjadi jika kita percaya. Ada penelitian scientifik yang mengatakan bahwa rasa terima kasih memberikan manfaat bagi kita. Ungkapan terima kasih yang kita ungkapkan dapat mempererat hubungan kita dengan orang lain, membuat tidur kita lebih nyenyak dan meningkatkan kebahagiaan.

6. Seberapa besar stress/tekanan yang saya rasakan?

Kelelahan yang teramat sangat, jika didiamkan akan berpotensi menjadi pembunuh bagi diri kita. Sementara itu, sering kali kita hanya bekerja sesuai alur dan mebiarkan tubuh kita diforsir sepanjang kita memang masih sanggup melaksanakannya. Sebelum semuanya terlambat, akan lebih baik apabila kita memberi perhatian lebih kepada diri kita dan memahami sinyal-sinyal yang diberikan tubuh ketika sedang lelah. Bayangkan bahwa tubuh kita tak jauh berbeda dengan batere ponsel. Ketika energinya habis, kita perlu melakukan recharge dengan cara apapun. Demikian juga tubuh kita, jika tingkat energi sudah lebih rendah dari 5%, kita tahu ada banyak cara untuk kembali mengisinya.

7. Apa yang membuat Saya tertawa?

Setiap orang berhak mengakhiri harinya dengan catatan yang menyenangkan. Pikirkan bagaimana tidur Anda akan lebih nyenyak ketika pikiran Anda bahagia. Jadi, jika ternyata seharian Anda mengalami hari yang tak menyenangkan, Anda bisa melakukan treatment untuk membuat diri Anda terhibur.

Baca juga: 10 Tanda Anda Tidak Bahagia di Tempat Kerja