7 Cara Mudah Gaul dengan Siapapun

group-239251_640

 

Jika Anda adalah seorang yang introvert, akan sulit bagi Anda untuk memulai pembicaraan dengan orang lain dalam sebuah acara petemuan sosial. Sedangkan jika Anda adalah seorang yang ekstrovert, bukan tidak mungkin Anda justru terlihat terlalu menggebu-gebu ingin berkenalan dengan orang yang baru Anda temui. Bukan tidak mungkin, hal ini justru akan membuat orang lain kehilangan selera untuk berteman dengan Anda.

group-239251_640

(Sumber image: pixabaycom)

Baca juga: Belajar Networking dari Orang Introvert

Mengingat hal tersebut, sebetulnya kita tidak perlu merasa khawatir. Larry Benet, co-founder dari SANG Event, sebuah acara yang sering kali mendatangkan tokoh berpengaruh untuk berbicara, memberikan nasihat tentang cara ber-networking. Selama ia menjalin networking dengan orang-orang penting yang berhubungan dengan bisnisnya, ia selalu mengingat 7 (tujuh) pertanyaan di dalam kepalanya.

Tujuh pertanyaan tersebut berfungsi untuk mengalihkan pembicaraan yang sifatnya basa basi menjadi sesuatu yang bermakna. Berikut adalah ketujuh pertanyaan tersebut seperti dilansir dari situs inccom.

  1. Apa yang Anda lakukan untuk bersenang-senang?
  2. Biasanya, Anda paling passionate dalam mengerjakan apa?
  3. Apa kegiatan suka relawan yang menjadi favorit Anda?
  4. Apa yang menjadi guilty pleasure Anda?
  5. Hal apa yang paling membuat Anda bangga dalam hidup?
  6. Apa saja yang menjadi daftar keinginan Anda?
  7. Seandainya saya bisa menghubungkan Anda pada sebuah bisnis, siapa partner atau klien yang Anda anggap sempurna?

Baca juga: Ingin Perluas Networking, Hindari 5 Manuver Ini

Anda perlu mencoba pertanyaan-pertanyaan tersebut karena dari pengalaman orang-orang yang telah mencobanya, pertanyaan tersebut membuat kita mengenal lawan bicara secara lebih mendalam. Setelah perbincangan yang bermakna, tahap selanjutnya adalah memberikan pertanyaan mutakhir yang disebut sebagai “million dollar question” oleh Larry.

Yakni:

“Apa proyek yang paling krusial yang sedang Anda kerjakan saat ini, seandainya ada orang di networking saya yang dapat membantu Anda?

Pertanyaan sederhana tersebut dapat membantu Anda menjadi lebih dari sekedar kenalan “biasa-biasa saja” dengan orang baru dalam sebuah acara networking. Dapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut dari orang yang Anda ajak bicara dan kesempatan untuk membuka relasi hubungan bisnis di masa depan akan terbuka lebar. (*)

Tags: , , , , , , , , , ,