7 Cara Membuat Karyawan Lebih Mencintai Pekerjaan Mereka

Harvard Business Review melakukan survey terhadap 19.000 pekerja terkait pengalaman kerja dan apa yang membuat mereka lebih bahagia dan ingin tetap bertahan pada pekerjaannya.

Hasilnya adalah, pekerja akan lebih bertahan di perusahaan jika boss mereka menyuruh mereka untuk rehat sejenak dan berlibur, apalagi jika pemimpin mereka melakukan hal yang sama. Sampai saat ini masih ada pemimpin yang melupakan hal kecil seperti ini. Padahal hal kecil ini dapat membuat keryawan Anda lebih betah bekerja dengan Anda. Berikut akan kami paparkan beberapa cara sederhana untuk membuat pekerja mencintai pekerjaan mereka, dan membuat mereka tetap bertahan.

1. Suruhlah mereka berlibur

Jika Anda ingin karyawan Anda rehat sejenak dari pekerjaan mereka, Anda perlu melakukannya lebih dulu. Cobalah Anda, sebagai pemimpin, beristirahat untuk satu hari di rumah dan biarkan mereka menyelesaikan tanggung jawab mereka. Dengan melakukan hal ini, pada suatu saat mereka pun akan melakukan hal yang sama pula.

Baca juga: Inilah Pekerjaan Impian Masa Kecil versi LinkedIn Research

2. Dorong mereka untuk mengambil keuntungan dari tunjangan

Jika kantor Anda memiliki leisure facility, alangkah lebih baiknya jika Anda mendorong karyawan Anda untuk memanfaatkannya. Jika kantor Anda memiliki gym, doronglah mereka untuk berolahraga di sela-sela waktu kerja mereka. Jika kantor Anda tidak memiliki fasilitas tersebut, doronglah mereka untuk memanfaatkan tunjangan liburan mereka agar mereka dapat me-refresh pikiran mereka.

3. Mintalah mereka untuk menulis job description mereka sendiri

Mintalah karyawan Anda untuk menuliskan job description versi mereka sendiri. Bukan berarti Anda perlu memenuhi semua yang mereka harapkan terkait deskripsi pekerjaan versi mereka. Namun hal ini dapat membuat Anda mengetahui apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan untuk pekerjaan mereka dan membuat mereka bekerja lebih baik lagi.

4. Berikan mereka misi yang sesuai dengan usaha mereka

Selain memperbesar pemasukan perusahaan, apa alasan yang Anda berikan pada tim Anda untuk bekerja dengan Anda dan meraih target yang sudah ditentukan? Sebelumnya Anda perlu memahami dengan baik tujuan apa yang ingin dicapai, dan membuat tim Anda meyakini bahwa mereka dapat mencapai hal tersebut. Anda perlu mengukur kemampaun tim Anda, apakah sudah cukup baik untuk mencapai suatu target atau belum.

5. Jadilah terbuka

Cobalah terbuka pada karyawan Anda, apalagi terkait transparansi di kantor. Tidak perlu Anda menutup-nutupi informasi yang seharusnya diketahui semua orang di kantor. Informasi seperti sudah sejauh mana perusahaan mencapai target yang ditentukan, dapat menjadi sekedar motivasi bagi mereka dan membuat mereka merasa bahwa hasil kerja mereka diapresiasi.

6. Cobalah lebih bertanggung jawab

Ketika tim Anda ingin meningkatkan target mereka, yakinlah bahwa mereka akan mencapainya. Namun jangan lupa untuk mengecek progress mereka. Ketika hasil akhirnya tidak sesuai, bukan berarti Anda langsung menyalahkan mereka, mungkin ada kalanya kesalahan itu ada pada diri Anda.

7. Berikan mereka 10 sampai 20% lebih banyak dibanding yang mereka harapkan

Jika karyawan terbaik Anda meminta kenaikan gaji satu juta rupiah, berikanlah ia 1,2 juta rupiah. Mengapa? Karena jika Anda memberikan lebih dari yang mereka harapkan, maka mereka pun akan melakukan hal yang sama di kemudian hari. Memberikan lebih dari apa yang Anda harapkan.

Baca juga: Perusahaan Kurang Mencintai Karyawan Tua

Tags: , , ,