7 Alasan Kenapa Anda Harus Punya Waktu Sendiri

solitude-455768_640

Manusia memang makhluk sosial, namun definisi sosial masa kini tidak hanya sosial secara langsung (interaksi langsung) namun juga secara tidak langsung (interaksi melalui media). Meskipun makhluk sosial bukan berarti manusia tidak membutuhkan waktu untuk sendiri.

solitude-455768_640

(Image:Pixabay)

Memiliki waktu berkualitas untuk Anda sendiri baik bagi kesehatan mental dan emosi Anda. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki waktu berkualitas untuk Anda sendiri agar mental dan emosi Anda sehat.

1) Anda memulihkan diri Anda sendiri

Setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk memulihkan dan mengisi energi. Hal ini bisa didapatkan hanya dengan menghabiskan waktu untuk diri Anda sendiri. Ketenangan yang Anda rasakan ketika Anda sendirian merupakan obat terbaik untuk menurunkan stress karena kehidupan sehari-hari.

2) Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan

Semenyenangkannya menghabiskan waktu dengan orang lain, Anda tidak bisa melakukan keseluruhan apa yang Anda inginkan. Anda akan menyesuaikan ide Anda dengan keinginan orang lain agar semuanya sama-sama enak. Namun ketika Anda sendirian, Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan. Anda bisa pergi makan ke tempat yang Anda inginkan, mengenakan baju yang Anda sukai dan orang lain tidak suka, bahkan mengerjakan hal yang sebelumnya tidak disukai banyak orang.

Baca juga: Katakan 10 Kalimat Penyemangat untuk Diri Sendiri Mulai Hari Ini 

3) Anda belajar untuk mempercayai diri Anda sendiri

Jika bukan Anda yang  percaya pada diri sendiri, siapa lagi yang akan melakukannya. Ketika Anda sendirian, Anda dapat memahami diri Anda, apa yang Anda inginkan dan apa yang tepat bagi Anda. Hal ini kemudian mengajarkan Anda untuk mempercayai diri Anda sendiri. Ketika Anda berada diantara orang lain, tanpa Anda sadari, Anda akan mempengaruhi mereka atau sebaliknya, mereka yang mempengaruhi Anda. Ketika Anda sendirian, Anda punya kontrol penuh atas keputusan yang Anda ambil.

4) Meningkatkan kecerdasan emosi (EQ)

Kecerdasan emosi (EQ) merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain. Hal ini kemudian menjadi dasar bagaimana Anda mengatur perilaku dan hubungan Anda dengan orang lain. Self-awareness merupakan dasar utama dari kecerdasan emosi dan Anda tidak dapat meningkatkannya tanpa hal ini. Karena self-awareness membutuhkan pemahaman Anda terhadap emosi Anda sendiri dan bagaimana Anda bereaksi terhadap berbagai macam situasi dan kepribadian orang lain, maka hal ini baru bisa terjadi saat Anda sendirian.

Baca juga: 5 Cara Memotivasi Diri Sendiri

5) Meningkatkan self-esteem

Ketika Anda merasa bosan sendirian, Anda pun berpikir bahwa Anda membutuhkan orang lain untuk menikmati waktu. Perlu Anda ketahui bahwa belajar menikmati waktu Anda sendiri dapat meningkatkan self-esteem Anda. Kesenangan Anda tidak bergantung pada orang lain, hanya Anda sendiri pun cukup dapat membuat Anda senang.

6) Anda lebih menghargai orang lain

Sendiri membuat Anda lebih memahami diri Anda. Waktu yang Anda habiskan sendirian membuat Anda melihat orang lain dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini membantu Anda untuk meningkatkan sense of gratitude pada orang lain.

7) Anda dapat menyelesaikan banyak hal

“Lebih banyak orang membuat pekerjaan lebih cepat selesai.” Jika yang dikerjakan adalah bersih-bersih rumah, statement tersebut mungkin ada benarnya. Namun tidak dengan cognitive tasks. Menurut para peneliti dari Texas A&M, brainstorming dapat mengarahkan pada cognitive fixation. Cognitive fixation merupakan kondisi di mana seseorang cenderung terjebak dengan ide orang lain sehingga menurunkan kemampuan seseorang untuk memberikan ide baru. Semakin besar kelompoknya, maka akan lebih terfiksasi setiap orangnya. Menghabiskan waktu sendirian tidak hanya sekedar menjauhkan Anda dari gangguan, namun juga membuat Anda tidak terganggu dengan pemikiran orang lain. (*)