6 Cara untuk Menjadi Best Version dari Diri Sendiri

best-version-dari-diri-sendiri

Motivasi adalah adalah konsep yang cukup membingungkan. Di satu waktu kita menjadi orang yang begitu antusias mengejar apa yang kita mau tapi kadang kita juga menjadi seorang penunda-nunda atau bahkan putus asa. Akan tetapi, mau tak mau kita harus berhadapan dengan realita. Dalam situasi tersebut, apakah kita masih tetap bisa menunjukkan performa maksimal? Sebagian bisa tetapi kebanyakan tidak.

best-version-dari-diri-sendiri

Lalu, bagaimana kita dapat menjadikan “excellent” sebagai sebagai default setting dalam kehidupan sehari-hari? Berikut beberapa tips seperti dilansir dari inc.com.

1) Temukan Kekuatan Personal Anda

Orang-orang menyebut ini sebagai lokus kendali atau locus of control. Intinya adalah bagaimana kita menyikapi kejadian yang menimpa kita. Kita adalah satu-satunya pihak yang memiliki kontrol atas apa yang kita lakukan. Apa itu artinya? Itu berarti hidup kita adalah buah dari perbuatan kita sendiri.

Mulai sekarang, Anda harus bisa bertanggung jawab terhadap apa yang telah Anda pilih. Salah satu tanda bahwa Anda sudah bisa memiliki kontrol atas diri Anda sendiri adalah Anda sudah bisa menjadikan hidup Anda seperti yang Anda mau.

Bagaimana caranya? Pertama Anda harus berani mengambil tanggung jawab atau kewajiban. Kedua, action. Laksanakan dan selesaikan kewajiban tersebut.

2) Ingatlah bahwa Anda selalu memiliki pilihan dalam hidup

Jika seseorang hidup dengan tanpa pilihan, sama saja ia hidup dalam penjara. Berita baiknya, kita selalu bisa memilih sesuai kemauan kita. Akan tetapi, hanya orang-orang yang bisa membebaskan versi terbaik dari dirinyalah yang bisa menentukan pilihan dengan tepat.

Menjauh dari rasa takut adalah satu-satunya cara bagi Anda untuk bisa melihat aspek-aspek hidup Anda secara lebih luas dan menyeluruh. Dan selanjutnya, Anda akan melihat bahwa Anda memiliki banyak sekali pilihan dan hanya keberanian yang membuat Anda berani mengambil keputusan besar.

3) Apresiasi (Penghargaan)

Menunjukkan rasa terima kasih kepada orang yang mencintai dan mendukung kita adalah poin yang paling dasar untuk menjadi versi terbaik dari diri kita. Begitu juga dengan diri sendiri. Jika Anda tidak bisa menghargai apa yang Anda punya, Anda tidak akan pernah mencapai aktualisasi diri dan mengeluarkan potensi terbaik Anda.

Sangat tidak mungkin kita berada pada perasaan menghargai dan ketakutan pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu, pilih salah satu, ketakutan atau penghargaan.

4) Memimpin dengan kekuatan/kelebihan kita

Setiap harinya, sebaiknya kita selalu memperbaiki diri atau mengembangkan kemampuan kita. Memimpin dengan kelebihan yang kita miliki bukan berarti kita tidak berkembang. Maksudnya, kita harus bisa menghilangkan rasa minder karena merasa tidak memiliki kualitas sebagai pemimpin.

Hilangkan rasa minder tersebut karena hal itu sangat berbahaya. Mulailah memimpin dengan keterampilan-keterampilan yang Anda memang ahli di bidangnya. Dengan menonjolkan apa yang kita bisa bisa, tentunya kita akan merasa lebih baik. Dan kita bisa memimpin dengan penuh kepercayaan diri.

5) Perhatikan bahasa yang Anda gunakan dan cerita yang Anda bangun

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah Anda memperhatikan orang-orang yang berpola pikir negatif selalu menggunakan kata-kata yang bermakna negatif pula? Hal yang sama juga berlaku untuk orang-orang yang berpikiran positif. Hal ini dikarenakan kita tidak mendiskripsikan dunia seperti apa yang kita lihat melainkan melihat dunia seperti deskripsi kita.

Dengan konsep tersebut maka pada dasarnya bahasa yang kita pakai sangat berpengaruh pada cara pandang kita terhadap dunia. Jadi, apakah kita mau merangkai cerita indah atau cerita horor, semua itu tergantung kita.

6) Hidup itu multidimensional

Setidaknya terdapat tiga komponen dasar untuk menciptkan sebuah kehidupan yang ideal. Ketiganya adalah hubungan (relationship), kesehatan (health) dan tujuan (purpose). Sebagian orang yang fokus pada tujuan hidup, misalnya saja bekerja atau karir, dan itu juga bukan hal yang buruk.

Namun, ada pula orang-orang yang mengerahkan energi mereka pada ketiga komponen tersebut. Artinya, mereka membuat keseimbangan antara urusan pekerjaan, hubungan dengan sesama dan juga kesehatan diri. Bagaimanapun juga, work-life balance adalah hal yang penting untuk menjaga agar hidup kita lebih berkualitas dan nyaman.

Langkah terakhir dari proses menjadi versi terbaik dari diri sediri adalah membawa keenam hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Biasakan mengimplementasikan semuanya secara bersamaan, bukan hanya satu atau dua di antaranya. (*)