6 Cara Mempersiapkan Kemungkinan yang Terbaik

Anda adalah pemimpin yang hebat. Anda selalu memiliki rencana dan siap untuk situasi apapun. Namun terkadang Anda hanya menyiapkan diri untuk kondisi terburuk. Lalu bagaimana jika Anda kondisi yang Anda hadapi adalah kondisi yang terbaik?

Seorang pemimpin terkadang menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan diri menghadapi situasi terburuk, karena hal tersebut memang harus dilakukan. Jika hal yang buruk terjadi dan Anda belum mempersiapkannya, seakan-akan Anda gagal menjadi pemimpin. Namun perlu Anda ingat bahwa kemungkinan lainnya juga ada. Ada kalanya Anda juga harus menyiapkan bagi kemungkinan terbaik. Lalu, apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi kemungkinan terbaik?

1. Tanyakan pada diri Anda, apakah berikutnya?

Bayangkan, jika apa yang Anda kerjakan saat ini berjalan lancar jauh lebih baik dari yang Anda bayangkan sebelumnya. Apakah Anda siap untuk mengambil kesempatan yang lebih besar? Ambillah sedikit waktu untuk memikirkan hal tersebut.

Baca juga: 11 ide benefit dari 11 perusahaan terbaik

2. Lalu apa?

Sekarang saatnya memikirkan proses jangka panjang. Jika proyek saat ini berjalan sukses, lalu bagaimana kira-kira satu tahun ke depan? Dua tahun ke depan? Kebanyakan dari Anda baik dalam hal beradaptasi pada perubahan namun tidak terlalu baik dalam melakukan pemetaan pada hasil yang diinginkan. Sekarang pikirkan strategi apa yang dapat mengarahkan pada kesempatan besar agar terus berkembang.

3. Pikirkan impian yang Anda inginkan

Sekarang, saatnya memimpikan impian Anda yang paling gila. Katakanlah, akan seperti apa bisnis Anda 10 tahun yang akan datang? Visualisasikan bagaimana bangunan kantor Anda, rumah yang Anda datangi setiap pulang, dan orang-orang hebat di sekitar Anda. Pikirkan segala macam hal hebat yang akan Anda lakukan dalam 10 tahun ke depan.

4. Mempersiapkan materi

Jika sekiranya apa yang Anda lakukan akan sukses besar, maka akan banyak media yang tertarik dengan Anda dan ingin mewawancarai Anda. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan materi yang menjelaskan mengenai profil perusahaan, proyek Anda dan kesuksesan Anda dalam proyek tersebut. Pastikan semuanya sudah lengkap sehingga Anda siap jika waktunya tiba.

5. Menulis pidato

Ketika satu media meliput Anda, otomatis akan banyak media lain yang tertarik untuk meliput Anda juga. Kemungkinan untuk berbicara pada konferensi ataupun pertemuan pun akan semakin besar. Anda akan diminta membagi ilmu dan pengalaman Anda pada orang banyak. Maka dari itu Anda perlu mempersiapkan diri. Tulislah pidato Anda, latihlah dengan baik. Mungkin Anda membutuhkan seorang speech writer ataupun presentation coach? Anda masih punya waktu sekarang.

6. Rencanakan perayaan

Jika proyek Anda saat ini sukses besar, penghargaan apa yang akan Anda dan tim Anda terima? Makan besar untuk seluruh anggota tim? Liburan untuk seluruh anggota tim? Membeli gadget terbaru untuk diri Anda sendiri? Jika Anda belum memiliki jawaban pada pertanyaan ini, maka Anda perlu memikirkannya dari sekarang. Hal ini yang akan memotivasi Anda, dan juga tim Anda, untuk membuat proyek tersebut menjadi sukses besar. Apakah Anda siap?

Baca juga: Tempat kerja terbaik untuk karyawan berkeluarga