6 Cara Melawan Malas

Semua orang pasti pernah menunda untuk mengerjakan suatu hal. Baru ketika pada saat ditagih, hal tersebut baru tersentuh. Pada akhirnya apa yang Anda kerjakan menjadi tidak maksimal, Anda tidak merasa puas, dan sebagainya. Kemudian Anda berjanji untuk tidak lagi menunda mengerjakan suatu hal.

Namun adakalanya rasa malas hadir dan hinggap dalam diri Anda lagi. Siklus ini akan terus terulang. Kecuali Anda yang mendisiplinkan diri Anda untuk tidak mengulanginya lagi. The Muse memberikan beberapa tips bagi Anda untuk tetap disiplin pada diri Anda agar tidak lagi menunda mengerjakan suatu hal.

1. Bangun Lebih Awal

Mungkin ini terdengar sudah biasa, namun bangun lebih awal membuat Anda memiliki waktu lebih lama pula untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Secara ilmiah, bangun tidur pada waktu yang sama setiap harinya akan dapat menstabilkan circadian rhythm tubuh Anda. Circadian rhythm yang baik dapat membuat Anda lebih produktif pada siang hari, karena Anda akan lebih bersemangat dan lebih waspada.

Baca juga: Gen Y Pemalas yang tak punya motivasi?

2. Membuat to-do-list

Dengan membuat to-do-list, secara tidak langsung hal ini akan memotivasi Anda untuk menyelesaikan apa yang seharusnya Anda kerjakan. Semakin banyaknya list yang di check, maka hal tersebut akan memotivasi Anda untuk men-check  aktivitas lain yang belum. Selain itu dengan membuat to-do-list, Anda juga akan terfokus dalam mengerjakan apa-apa saja yang harus dikerjakan dan membuat skala prioritas apa yang harus dikerjakan sekarang dan nanti.

3. Memakan Brokoli Pertama Kali

Jika Anda tidak suka dengan brokoli, maka tanpa Anda sadari Anda akan memakan brokoli pada saat akhir makan. Atau bahkan tidak Anda makan sama sekali dan kemudian Anda buang. Cobalah untuk memakan brokoli pertama kali sebelum Anda makan yang lainnya. Dengan membiasakan hal ini maka tanpa Anda sadari Anda juga memperbaiki diri Anda. Jika dikaitkan dengan kehidupan kerja, jika Anda mengerjakan tugas paling sulit tepat setelah Anda sampai ke kantor, maka Anda akan merasa santai dan tidak ada beban karena tugas yang berat sudah Anda selesaikan.

4. Mempergunakan Timer

Jika Anda sulit untuk fokus dan berkonsentrasi, Anda bisa mencoba hal ini. Setting-lah timer selama 50 menit, dan selama 50 menit tersebut Anda harus fokus dan konsentrasi untuk mengerjakan tugas Anda tanpa terganggu hal apapun. Jika waktu tersebut berhasil terlewatkan, maka Anda berhak istirahat selama 10 menit. Lalu mulai bekerja lagi selama 50 menit, dan seterusnya. Ulangilah permainan ini sampai seluruh tugas Anda terselesaikan.

5. Jauhkah Hal-hal yang Mengganggu Anda

Matikan notifikasi semua jejaring sosial ketika Anda bekerja, jauhkanlah smartphone Anda, ataupun buku-buku dan majalah. Melakukan hal ini dapat membuat Anda lebih fokus dalam bekerja dan tidak terganggu stimulus lainnya.

6. Lakukan Peraturan 5 Menit

Jika suatu aktivitas bisa diselesaikan dalam waktu lima menit atau kurang, maka hal tersebut harus segera dikerjakan. Peraturan ini efektif dilakukan untuk membalas email, ataupun melakukan hal lain yang sederhana. Jadi jika Anda dihadapkan pada suatu tugas, pikirkanlah. Apakah tugas tersebut bisa diselesaikan dalam waktu lima menit ataukah tidak. Jika bisa, maka kerjakan pada saat itu juga. Jika tidak bisa, mungkin Anda bisa memprioritaskan hal lain.

Baca juga: Mengatasi Rasa Malas di Tempat Kerja

Tags: ,