6 Cara Agar Diri Anda Lebih Rileks

glasses-664078_640

Menghadapi pekerjaan yang bertubi-tubi setiap harinya tidak jarang akan membuat Anda merasa stress. Stress yang berkepanjangan jelas tidak baik bagi tubuh Anda. Kevin Daum, salah satu contributor Inc.com, mengembangkan cara ia sendiri untuk mengurangi stresss-nya. Terbukti, dalam waktu kurang dari 20 menit bisa membuat Daum merasa lebih rileks.

Apa saja cara tersebut? Simak pemparannya berikut ini.

1. Istirahat sejenak.

Ketika Anda merasa darah Anda mengalir begitu cepat dan kepala Anda mulai berdenyut maka hal tersebut merupakan pertanda untuk beristirahat. Berikan diri Anda waktu untuk rehat sejenak dari kesibukan Anda. Setting ponsel Anda dalam silent mode untuk beberapa menit dan beritahukan pada orang yang menunggu Anda untuk menunggu beberapa saat lagi. Setelah Anda beristirahat sejenak, Anda bisa menghadapi kembali panggilan dan orang lain yang membutuhkan Anda.

Baca juga: Cobalah-5 Meditasi Ringan Ini untuk Anda yang Sulit Fokus

2. Cari tempat yang tenang.

Anda perlu menetralisir lingkungan sekitar Anda dengan mencari tempat yang tenang. Jika Anda memiliki ruangan, tutuplah pintunya dan berikan sticky notes bertuliskan ‘do not disturb.’ Jika Anda bekerja di ruang terbuka, carilah ruang meeting ataupun pergi keluar sejenak. Duduk di mobil Anda pun bisa menjadi pilihan. Jika pilihan tersebut tidak ada yang tersedia, Anda bisa menggunakan headphone dan memainkan musik favorit Anda.

glasses-664078_640

(Sumber image: pixabaycom)

3. Tutup mata Anda dan bernafaslah perlahan.

Dengarkan dan rasakan nafas Anda. Tarik dan buanglah nafas secara perlahan. Jika Anda melakukan yoga, Anda bisa mencoba melatihnya. Fokuslah pada nafas Anda sampai Anda merasa tenang.

Baca juga: 14 Latihan yang Bisa Dilakukan di Meja Kantor Anda

4. Lakukan stretching ringan.

Ketika Anda mulai merasa bagian tubuh Anda kaku, Anda bisa melakukan stretching ringan. Sekedar menggelengkan kepala dan menarik badan bisa membuat Anda lebih nyaman.

5. Pikirkan hal yang menyenangkan.

Pikirkan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup Anda. Cita-cita Anda untuk travelling ke luar negeri bersama keluarga, waktu menyenangkan Anda saat bermain dengan anak dan sebagainya. Biarkan memori menyenangkan tersebut memenuhi diri Anda hingga Anda bersemangat kembali.

6. Tersenyumlah.

Setelah Anda memikirkan hal yang menyenangkan, tutuplah dengan senyuman. Tersenyum secara tidak langsung memberikan efek yang menyenangkan bagi orang yang melakukan dan menerima. Anda pun sudah berada dalam kondisi yang rileks dan bersemangat sehingga siap untuk menghadapi hari Anda kembali. (*)

Tags: , , ,