5 Tips untuk Komunikasi Lebih Baik di Kantor

Berkomunikasi hampir setiap hari kita lakukan. Ketika di kantor misalnya, Anda akan berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan ataupun bawahan Anda. Namun apakah Anda mampu untuk berkomunikasi dengan baik dan apa yang Anda maksudkan tersampaikan pada lawan bicara Anda? Berdasarkan artikel dalam Business 2 Community, terdapat lima cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja:

1. Hindari instruksi verbal

Jika sesuatu tidak dituliskan, maka kemungkinan untuk diingat satu jam kemudian akan lebih kecil. Apalagi satu hari, satu minggu bahkan satu bulan. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, alangkah lebih baiknya jika suatu hal yang penting dan perlu diingat dituliskan pada suatu memo berwarna cerah yang ditempel di tempat yang strategis.

Baca juga: Komunikasi yang Efektif Tingkatkan Komitmen Karyawan

2. Meningkatkan komunikasi langsung

Mungkin seiring berkembangnya teknologi untuk menyampaikan pesan pada rekan di ruang sebelah Anda mempergunakan fitur instant messaging. Semakin sering Anda melakukan ini, maka akan semakin sedikit juga komunikasi yang terjadi. Alangkah lebih baiknya jika Anda menyampaikan pesan dengan mengetuk ruangan sebelah dan bertemu secara face-to-face ketika memungkinkan. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan komunikasi Anda dengan orang lain.

3. Mengadakan team building

Komunikasi langsung di kantor dapat ditingkatkan dengan melalui team building. Dalam team building, peserta akan mendapatkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan meningkatkan ikatan antar peserta, dalam hal ini karyawan kantor. Biasanya kegiatan ini juga melibatkan aspek komunikasi sehingga secara tidak langsung kemampuan komunikasi akan meningkat dan meningkatkan performa kerja karyawan.

4. Menyelesaikan permasalahan yang ada dengan baik-baik

Konflik yang terjadi di tempat kerja mungkin adalah hal yang tidak dapat Anda hindari. Konflik biasanya dimulai dari hal-hal kecil yang kemudian membesar. Cara mengatasinya, Anda bisa mulai mengkomunikasikan permasalahan sekecil apapun pada manager Anda agar tidak membesar. Manager juga perlu untuk membuka diri untuk berkomunikasi dengan bawahannya agar tercipta komunikasi yang baik.

5. Memahami dan menghargai perbedaan budaya

Perbedaan latar belakang budaya biasa terjadi di kantor. Dalam kasus ini dibutuhkan komunikasi yang sangat baik antar individu. Jangan sampai perbedaan latar belakang budaya memicu konflik karena permasalahan perbedaan persepsi karena di budaya A seperti ini dan di budaya B seperti itu.

Baca juga: Komunikasi dan Kemampuan Kerja Tim Lebih Penting Ketimbang Gelar Akademik

Tags: