5 Tips Sukses Saat Interview

Interview di perusahaan kerap kali membuat calon karyawan stres. Tahap ini biasanya adalah tahap yang sangat menentukan bagi calon karyawan, dan inilah saat penting bagi Anda untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda memenuhi syarat untuk bekerja.

Berikut ini ada beberapa tips yang kami kutip dari careerleak.com yang dapat Anda perhatikan agar dapat sukses melalui interview:

1. Persiapkan dengan Baik

Persiapkanlah segala sesuatu sebelum interview dilaksanakan, seperti membuat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk wawancara. Misalnya membawa salinan resume, menulis lokasi perusahaan, dan mengetahui berapa lama Anda akan tiba di tempat tersebut. Yang tidak kalah pentingnya ialah jangan sampai terlambat.

2. Berpakaian dengan Tepat

Pepatah lama mengatakan, “Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua, untuk membuat kesan pertama.” Penampilan memiliki peranan besar bagi Anda, karena pada saat itu penampilan menjadi penilaian apakah Anda terlihat profesional atau ceroboh. Ketika Anda memutuskan apa yang akan dikenakan pada saat wawancara, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui seperti apa budaya di perusahaan tersebut. Apakah Anda interview di perusahaan yang karyawannya memakai pakaian rapi seperti jas atau berpakaian lebih santai seperti mengenakan t-shirt dan celana jeans.

3. Mengetahui Perusahaan yang Anda Lamar

Sebelum interview, Anda diharapkan dapat mengetahui perusahaan terkait, minimal tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa. Anda bisa membuka web perusahaan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mengupdate kabar terbaru dari si perusahaan. Dengan mengakrabkan diri Anda kepada perusahaan secara langsung akan memberikan keunggulan atas pesaing Anda.

4. Buat kontak mata dengan Interviewer

Saat bertemu dengan interviewer, buatlah kontak mata yang positif. Kontak mata sangatlah penting, karena merupakan salah satu bentuk komunikasi non-verbal yang kuat. Kualitas kepribadian seseorang dapat dideteksi hanya berdasarkan kontak mata. Selain itu membuat kontak mata langsung dapat mengkomunikasikan rasa percaya diri juga harga diri Anda yang tinggi. Jadi sangatlah penting membuat kontak mata saat pertama kali bertemu dengan pewawancara saat berjabat tangan. Melakukan kontak mata tidak hanya saat Anda berbicara, tetapi juga saat Anda mendengar.

5. Tahu Persis Apa Keterampilan Anda

Anda harus mengingat resume yang telah Anda buat, keterampilan apa saja yang Anda tulis. Selain itu, efektiflah dalam mengkomunikasikan keterampilan dan kualifikasi untuk interviewer. Jika mereka meminta menjelaskan apa saja yang dilakukan di pekerjaan terakhir Anda, maka siapkanlah jawaban yang didukung oleh contoh-contoh konkret. Interviewer biasanya mengetahui apa saja yang terkait dengan Anda melalui resume.

 

Tags: ,