5 Tips Onboarding Karyawan Baru

Beberapa organisasi pemula mungkin tidak begitu kewalahan mengurusi karyawan yang baru masuk, datangnya 2-3 karyawan baru masih bisa dikelola dengan mudah oleh supervisor atau manajer mereka. Namun bila perusahaan tersebut merekrut karyawan lebih dari 20 orang, maka penanganannya akan semakin sulit. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menyempurnakan proses rekrutmen, yang kami ambil dari  Slingshot SEO:

1. Sisihkan 1 Minggu Untuk Onboarding

Setiap atasan pasti menginginkan karyawannya menjadi produktif secepat mungkin. Tetapi merelakan 1 minggu untuk masa pengenalan atau uji coba akan membuat karyawan lebih memahami tugasnya. Hal ini juga akan membuat karyawan Anda yang lain tidak terganggu karena pertanyaan-pertanyaan dari karyawan baru selama jam kerja. Bersabarlah, 1 minggu adalah waktu terbaik untuk menjadikan karyawan baru lebih produktif.

2. Utamakan Pelatihan “Brand” Anda

Pelatihan mengenai “semua hal tentang perusahaan” penting untuk dijalankan di awal masa uji coba mereka. Karyawan baru ingin mengetahui seberapa eksisnya brand perusahaan baru mereka. Pelatihan ini juga bisa membuat karyawan lebih mengenal tempat mereka bekerja dan membicarakan brand perusahaan dengan lebih cerdas kepada publik. Bahkan mereka bisa memberikan kontribusi ke situs web perusahaan mengenai “siapa” perusahaan Anda.

Mulailah dengan visi misi perusahaan, persamaan nilai di dalam organisasi Anda, bagaimana biasanya  Anda bekerja, sejarah perusahaan dan banyak lagi. Seberapa antusias dan berpengalamannya Para HR menceritakan hal itu kepada mereka, maka dengan sendirinya ‘brand’ perusahaan menguat.

3. Pilih Karyawan Terbaik Anda Sebagai Trainer

Bagi perusahaan yang memiliki karyawan di bawah 100 orang biasanya tidak membutuhkan pelatihan khusus untuk karyawan baru. Untuk itu karyawan yang mempunyai performa terbaik mampu untuk memberikan kontribusi dalam proses masa uji coba ini. Pilih perwakilan dari setiap departemen yang mempunyai karakter yang antusias, menarik, berpengalaman dan penuh gairah terhadap pekerjaan. Mereka akan membantu karyawan baru untuk lebih siap bekerja.

4. Buat Perkenalan Setiap Departemen

Seperti kita ketahui, sebelum proses onboarding sebagian besar karyawan baru hanya mengetahui sedikit sekali mengenai organisasi perusahaan. Pengenalan departemen sangat bermanfaat bagi karyawan baru untuk memahami departemen atau bagian mana di perusahaan yang paling cocok dengan diri mereka.

Masing-masing perwakilan departemen harus memperkenalkan kepada karyawan baru fungsi-fungsi, tujuan dan pandangan global mengenai departemen tersebut.

5. Jangan Lupa Untuk Bersenang-Senang

Proses onboarding atau pengenalan sebaiknya juga dikemas dengan lebih menghibur. Anda bisa mengisinya dengan membuat kuis yang ringan, games interaktif, atau kontes bergaya santai.  Buat mereka lebih terlibat dan menjadi semakin bersemangat untuk memulai pekerjaan baru mereka. Mmeberikan permainan atau tantangan adalah cara yang menyenangkan setelah mereka serius dalam sesi-sesi sebelumnya. Pastikan masa uji coba pengenalan Anda membuat mereka antusias dan menyenangkan.

Tags: