5 Tips Membuat Resume yang Efektif

Resume adalah hal wajib yang dibutuhkan ketika akan melamar suatu pekerjaan. Namun terkadang ketika menyusun suatu resume, pelamar cenderung memasukkan segalanya yang terbaik mengenai dirinya. Padahal belum tentu semua yang dituliskan pelamar relevan dengan posisi yang dilamar maupun dengan calon perusahaan. Lalu bagaimana caranya membuat resume yang efektif? The Muse memberikan pemaparannya untuk Anda.

1. Buatlah resume yang bersih dan rapi
Calon perusahaan akan mengerti jika Anda ingin membuat resume Anda terlihat menarik di mata hiring managers. Namun jika Anda tidak melamar sebagai desainer atau seniman, alangkah lebih baiknya jika resume Anda bersih dan rapi. Dengan kata lain, tidak dalam format yang unik. Akan lebih baik jika Anda berfokus pada bagian atas resume Anda. Tuliskan kualifikasi Anda yang paling menonjol ataupun pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Selama format resume Anda normal-normal saja, Anda akan aman.

Baca juga: 10 langkah mudah membuat resume

2. Gunakanlah kalimat yang objektif
Ketika Anda mencoba untuk melamar pada posisi yang berbeda dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman Anda sebelumnya, Anda perlu menuliskan kaitannya pada resume Anda. Maksudnya Anda perlu menjelaskan pada resume Anda kaitan dari pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan Anda yang berbeda dengan posisi yang akan Anda lamar. Hal ini dikarenakan para hiring managers tidak akan memiliki banyak waktu untuk menangkap hal tersebut dari resume Anda jika tidak berhubungan. Salah satu caranya adalah dengan mempergunakan kalimat yang objektif. Jelaskan secara singkat alasan Anda melamar pada posisi itu meskipun latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja Anda sebelumnya berbeda. Hal ini akan dapat membuat hiring managers lebih ingin tahu mengenai diri Anda.

3. Buatlah resume Anda mudah untuk dibaca
Masih menjadi perdebatan sampai saat ini berapa lama waktu yang dibutuhkan rekruter untuk membaca sebuah resume. Namun semua orang setuju bahwa waktu yang dibutuhkan untuk membaca suatu resume adalah kurang dari 20 detik. Artinya resume Anda harus mudah untuk dibaca secepat mungkin. Tipsnya buatlah resume sesingkat mungkin namun padat. Jangan mempergunakan font yang terlalu kecil. Jangan terlalu banyak berbasa-basi, setidaknya dalam satu baris rekruter sudah bisa menangkap intinya.

4. Pastikan bagian HR memahami resume Anda
Artinya Anda perlu mempergunakan bahasa yang dapat dipahami oleh orang awam. Tidak masalah jika Anda ingin menjelaskan pekerjaan Anda pada bagian supply chains, atau bagian coding complex algorithms, namun perlu Anda ingat bahwa resume Anda pertama kali masuk ke bagian HR. Pastikan bahwa orang HR akan dapat memahami resume Anda sehingga resume Anda akan ditempatkan pada tempat yang tepat.

5. Pastikan informasi kontak Anda sudah benar
Ini merupakan bagian akhir yang kadang sering terlupakan. Typo pada bagian lain resume Anda mungkin akan dimaafkan. Namun tidak pada bagian kontak Anda. Jangan sampai Anda yang dirugikan karena salah mengetikkan alamat email Anda. Pastikan Anda mengetikkan dengan benar informasi kontak Anda.

Baca juga: 9 Alasan Agar Resume Anda Dilirik Apple atau Google

Tags: , , ,