Hindari Overwork dengan 5 Cara Ini

Segala hal yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk bekerja. Bekerja secara berlebihan atau yang dikenal dengan overwork dapat membunuh seseorang. Hal ini dibenarkan berdasarkan hasil penelitian terbaru, bahwa bekerja berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, stress, depresi dan menyebabkan penyakit serius lainnya. Selain itu bekerja berlebihan juga membuat kehidupan seseorang menjadi tidak seimbang.

Terkadang tanpa Anda sadari Anda bekerja terlalu keras dan melupakan kesehatan diri sendiri. Parahnya hal ini sudah cukup membudaya. Anda ingin menunjukkan betapa totalnya Anda terhadap pekerjaan Anda sehingga mengambil waktu yang seharusnya untuk Anda beristirahat. Sesekali bekerja lebih lama mungkin boleh saja, namun jika terlalu sering perlu Anda ingat bahwa hal tersebut dapat mengancam kesehatan Anda. Lalu, bagaimana mengubah kebiasaan tersebut? Fast Company memberikan pemaparannya untuk Anda.

1. Jika Anda boss-nya, kurangilah jam kerja tim Anda

Buatlah kebijakan untuk menyelesaikan pekerjaan satu jam sebelum jam pulang kantor. Anda dapat melihat efek ini secara langsung, terutama dalam produktivitas. Kebijakan ini juga dapat membangun iklim yang menyenangkan bagi tim Anda.

Baca juga: Berdasarkan Sains, 7 Hal ini membuat kita lebih Powerful

2. Ambillah jatah cuti Anda

Hal ini sebenarnya sangat sederhana namun tahukah Anda bahwa para pekerja di Amerika tidak mengambil jatah cuti mereka dan hal ini dapat membahayakan kesehatan mereka. Kenyataannya berlibur sejenak dari pekerjaan Anda dapat membuat Anda merasa lebih baik dalam menghadapi pekerjaan berikutnya.

3. Jadwalkan waktu luang bagi diri Anda

Salah satu masalah yang cukup besar adalah hari-hari Anda dipenuhi oleh meeting  dan deadline. Berikanlah waktu luang sejenak bagi diri Anda setiap harinya. Pergunakan waktu luang tersebut untuk sekedar berbincang dengan rekan Anda, berjalan-jalan ataupun berolahraga ringan. Anda juga bisa mempergunakan waktu luang Anda untuk melakukan hal yang sifatnya tidak berkaitan dengan pekerjaan, misalnya seperti membaca buku.

4. Hilangkan perasaan berdosa

Pernahkah Anda merasa berdosa jika tidak melakukan apa-apa? Jika ya, Anda perlu mengubah pola pikir Anda. Lakukan hal yang penting bersamaan dengan hal yang menyenangkan. Anda bisa mencoba dengan mendengarkan lagu sambil berolahraga atau membalas email saat mengantri kereta. Terkadang ide luar biasa bisa muncul pada saat yang tidak terduga, terutama ketika Anda sedang merasa santai.

5. Berhenti berpikir bahwa Anda sibuk

Berhentilah mengatakan sibuk jika orang lain menanyakan kabar ataupun kesibukan Anda. Membuat diri Anda sibuk dapat membuat Anda terus berpikir mengenai pekerjaan Anda, padahal sebenarnya tidak ada.

Hanya diri Anda sendiri yang bisa melepaskan diri dari rantai kesibukan yang Anda buat. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Bekerja mungkin memang kebutuhan Anda, namun ingatlah bahwa Anda juga membutuhkan istirahat.

Baca juga: Waktu Kerja yang Fleksibel Membuat Pekerja Lebih Produktif dan Puas

Tags: