5 Tips Hilangkan Kantuk Setelah Makan Siang

Jam menunjukkan pukul 12, sudah waktunya istirahat makan siang. Anda pun bersemangat untuk pergi ke tempat makan karena perut Anda yang sudah berbunyi nyaring. Setelah waktu istirahat makan siang berakhir, Anda pun kembali ke meja kerja Anda untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

Baru 10 menit Anda memperhatikan layar komputer tiba-tiba Anda dilanda rasa kantuk yang luar biasa. Rasanya Anda ingin pulang ke rumah dan tidur saja. Hal ini dinamakan post-dip lunch dan merupakan hal yang wajar jika Anda mengalaminya.

Seperti yang dilansir dari sleepdisorders.about.com, post dip lunch terjadi karena circadian rhythm tubuh Anda. Setelah 7-9 jam Anda terjaga, maka secara tidak langsung tubuh Anda akan merasa lelah dan membutuhkan istirahat.

Bukan berarti mengantuk setelah makan siang adalah hal yang wajar lantas Anda mengikuti dorongan kantuk Anda tersebut. Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut. Berikut pemaparannya.

Baca juga: Apakah perlu Pekerja tidur siang?

1. Mendengarkan Musik

Pilihlah musik yang yang up-beat. Lagu-lagu bergenre hip-hop ataupun rock bisa membantu Anda menghilangkan kantuk. Jangan lupa untuk mengenakan earphone ataupun headphone agar tidak menganggu rekan kerja Anda yang lain.

2. Menggerakkan Tubuh

Menggerakkan tubuh yang dimaksud adalah dengan berjalan-jalan. Datangi rekan kerja Anda yang lain untuk sekedar menanyakan progress pekerjaan mereka. Atau berjalan ke toilet untuk mencuci muka Anda. Selain itu Anda juga bisa berjalan keluar kantor agar menghirup udara dan terkena matahari. Cahaya matahari menstimulasi otak untuk tetap terjaga. Merenggangkan badan juga termasuk dalam menggerakkan tubuh. Lakukan stretching ringan untuk menghilangkan kantuk Anda.

3. Mengkonsumsi Kafein

Teh atau kopi biasanya adalah dua hal yang akan dicari ketika rasa kantuk menyerang. Pergilah ke pantry kantor Anda dan buatlah segelas teh atau kopi. Hirup wanginya dalam-dalam dan seruput perlahan.

4. Tidur Siang

Tidur siang singkat dianggap ampuh untuk mengurangi rasa kantuk. Tidur siang selama 10-20 menit dapat membuat Anda terjaga sampai jam pulang kantor. Jika Anda ingin melakukan hal ini, pastikan Anda memasang alarm untuk mengingatkan Anda.

5. Tidur Cukup pada Malam Hari

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa kantuk yang muncul pada siang hari dapat disebabkan karena kurangnya tidur pada malam hari. Pastikan bahwa Anda tidur cukup dengan berkualitas pada malam hari. Tidur yang cukup membuat energi Anda kembali untuk menghadapi aktifitas keesokan harinya.

Baca juga: Manajemen Talent penting agar tak ada yang tidur usai makan siang